Satpam Bandara Heathrow Diskors karena Adiknya Teroris

Polisi Inggris berjaga saat terjadinya aksi teror di London Bridge, Kota London, beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • Reuters/Neil Hall

VIVA.co.id – Kakak perempuan teroris London, Khuram Butt, diskors dari pekerjaannya di Bandara Heathrow, London. Hal itu dilakukan setelah otoritas memeriksa para anggota keluarga Butt. Teroris itu diketahui sebagai otak dari serangan London Bridge beberapa waktu lalu.

Serangan Air Keras Lukai Enam Warga London

Dilansir dari laman mirror.co.uk, Haleema Butt bekerja sebagai petugas keamanan di bandara yang termasuk paling ramai di Eropa tersebut. Tak hanya dia, ternyata suaminya, Usman Darr juga bekerja di bandara yang sama dan juga di bagian keamanan. Darr diketahui sudah diberhentikan dari bandara tersebut sebelum kejadian teror London.

Khuram Butt (27) menurut intelijen M15 merupakan salah satu figur yang merancang serangan London Bridge dan merupakan ekstremis dari kelompok al-Muhajirun. Sementara kakak perempuannya, Helena diketahui diterima bekerja di Heathrow hanya dua bulan sebelum teror London Bridge terjadi.

Polisi Ciduk Dua Pelaku Teror Bom Kereta London

Pihak bandara mengatakan bahwa pasangan suami istri itu akhirnya diberhentikan karena terkait dengan penyelidikan terhadap kasus terorisme itu. Meskipun belum dipastikan bahwa keduanya adalah ekstremis maupun simpatisannya. 

"Peran sebagai security adalah tugas penting di Heathrow termasuk menjadi orang yang harus menghentikan adanya aksi terorisme agar tidak sampai masuk pesawat. Oleh karena itu pekerja di sini harus benar-benar diseleksi ketat," kata Kolonel Hamish de Bretton Gordon yang merupakan mantan Direktur Badan Senjata Kimia Militer Inggris di NATO.

Usai Ledakan di London, Ribuan Militer Jaga Keamanan

Khuram Butt bersama dua orang rekannya melakukan teror di London Bridge dengan menabrakkan van yang dikendarai dan melakukan penikaman yang menyebabkan sejumlah orang tewas dan luka-luka. (ren)

Penyelidikan forensik di sekitar Museum Sejarah Alam London usai aksi tabrakan

Orang-orang Ditrabraki di Sekitar Museum di London

Aparat sedang melakukan penyelidikan lebih jauh.

img_title
VIVA.co.id
8 Oktober 2017