Mosul Dibebaskan dari ISIS, Rakyat Irak Bersorak Sorai

Perayaan kemenangan pembebasan Mosul dari ISIS
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVA.co.id – Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi, memberi selamat kepada militernya atas pembebasan Kota Mosul dari cengkeraman kelompok militan Daulah Islamiyah Irak dan al-Syam atau ISIS.

Iran Tangkap Anggota Senior ISIS yang Berencana Ledakkan Kota saat Idul Fitri

Kemenangan itu mengakhiri kekuasaan ISIS di Mosul yang sempat menjadi salah satu basis organisasi ekstremis tersebut. PM Haider al-Abadi tiba di Kota Mosul pada Minggu, 9 Juli 2017. ISIS diketahui menguasai Mosul selama tiga tahun yang menyebabkan ribuan orang tewas dan sisanya menjadi budak.

Namun disebutkan bahwa ISIS masih ada di sejumlah wilayah di Irak dan sewaktu-waktu bisa melakukan serangan. Diketahui bahwa tentara Irak di Mosul didukung oleh pasukan Amerika Serikat.

Fakta Terbaru Serangan Mematikan di Moskow Rusia, Ternyata Iran Sudah Lakukan Ini

"PM Haider al-Abadi sudah ada di Mosul dan sudah memberikan selamat kepada para pejuang dan rakyat Irak yang berjuang selama ini," kata juru bicara kantor PM setempat, sebagaimana dilansir Reuters.

PM Abadi bertemu para komandan militer di bagian barat Mosul. Namun hingga saat ini pihak Irak masih menunggu waktu untuk mendeklarasikan kemenangan dan pernyataan resmi soal pembebasan Mosul. Sementara warga Irak di berbagai tempat turut merayakan kemenangan ini. (ren)

Ada Unsur Balas Dendam, Ini Deretan Alasan Rusia Jadi Terget Serangan ISIS
Pasukan ISIS di Suriah (Doc: The Cradle)

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Setidaknya 20 pejuang dari Liwa al-Quds, sebuah kelompok bersenjata Palestina yang mendukung tentara Suriah, tewas ketika bus mereka disergap oleh militan tak dikenal.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024