Pesawat Hercules Jatuh, Sedikitnya 16 Tewas

Pesawat Hercules KC-130 saat pengisian bahan bakar
Sumber :
  • US Marine Corps photo by Cpl. John Robbart III/Handout via REUTERS

VIVA.co.id – Sedikitnya 16 orang tewas saat sebuah pesawat militer Amerika Serikat jatuh di negara bagian Mississippi pada Senin malam waktu setempat (Selasa pagi WIB). Disinyalir pesawat itu adalah Hercules KC-130 milik Korps Marinir AS.

AS: Pesawat C-130 Terbakar di Baghdad Bukan Karena Serangan Musuh

Upaya pertolongan darurat dan evakuasi korban, hingga berita ini disusun, masih berlangsung. Para pejabat dari pihak berwenang masih belum bisa memberi keterangan rinci atas musibah itu, ungkap kantor berita Reuters.
 
Namun, lokasi kecelakaan terletak di Kabupaten LeFlore, yang berjarak 160 km dari Jackson, ibu kota Mississippi. Kapten Sarah Burns, juru bicara Korps Marinir, hanya mengungkapkan bahwa pesawat transport Hercules KC-130 "mengalami kecelakaan."

Laporan media awalnya mengungkapkan jumlah korban tewas sebanyak lima orang. Namun, selang beberapa jam, pejabat dinas manajemen bantuan darurat LeFlore, Fred Randle, mengungkapkan jumlah korban tewas bertambah menjadi sedikitnya 16 jiwa.
   
Gubernur Mississippi, Phil Bryant, menyatakan kecelakaan pesawat itu sebagai tragedi. Namun dia tidak memberi keterangan lebih rinci.

Ngeri, Pesawat Angkut Angkatan Udara AS Tabrak Dinding Beton
Pesawat Hercules C-130 milik TNI

Fakta-fakta Pesawat TNI AU Bantu Distribusi Bansos ke Lokasi Bencana

Pesawat TNI AU yang ditugaskan untuk distribusi bantuan bansos bencana terdiri dari tiga pesawat yaitu Hercules, CN-295 dan B-737.

img_title
VIVA.co.id
24 Januari 2021