Pimpinan ISIS Abu Bakr al-Baghdadi 'Tewas Lagi'

Pemimpin tertinggi ISIS Abu Bakr al-Baghdadi
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Berita kematian pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi kembali mencuat. Namun, kali ini kabar kematian Baghdadi, menurut saluran televisi Al Sumaria, telah dikonfirmasi ISIS. Abu Bakr al-Baghdadi dikabarkan tewas di provinsi Nineveh, Irak.

Iran Tangkap Anggota Senior ISIS yang Berencana Ledakkan Kota saat Idul Fitri

Organisasi HAM Suriah, The Syrian Observatory of Human Rights (SOHR), juga membenarkan tewasnya pemimpin ISIS tersebut. Namun, hingga saat ini belum ada pihak yang mampu mengklafirikasi langsung mengenai kabar ini. Ia dikabarkan tewas dalam sebuah serangan udara di Nineveh.

Berita kematian Baghdadi, sebenarnya bukan menjadi hal baru lagi. Ia berkali-kali dikabarkan tewas. Termasuk pada tanggal 16 Juni lalu, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa Baghdadi kemungkinan tewas dalam sebuah serangan Angkatan Udara Rusia di pinggiran selatan kota Raqqa pada akhir Mei lalu.

Fakta Terbaru Serangan Mematikan di Moskow Rusia, Ternyata Iran Sudah Lakukan Ini

Abu Bakr al-Baghdadi sendiri belum pernah terdengar kabarnya sejak akhir 2016 lalu. Pemimpin ISIS ini hanya pernah muncul dalam video untuk berbicara dengan para pendukung di sebuah masjid yang menjadi ikon di jantung Mosul, Masjid al-Nouri.

Terakhir kali Baghdadi mengeluarkan sebuah pesan audio pada 3 November 2016, di mana ia mendesak para pengikut setianya untuk terus memperjuangkan Kota Mosul. Namun, kini Kota Mosul telah direbut kembali oleh Irak.

Ada Unsur Balas Dendam, Ini Deretan Alasan Rusia Jadi Terget Serangan ISIS
Pasukan ISIS di Suriah (Doc: The Cradle)

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Setidaknya 20 pejuang dari Liwa al-Quds, sebuah kelompok bersenjata Palestina yang mendukung tentara Suriah, tewas ketika bus mereka disergap oleh militan tak dikenal.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024