Terpancing Korea Utara, AS Pamer Rudal Tandingan

Peluncuran misil THAAD milik Amerika Serikat
Sumber :
  • Leah Garton/Missile Defense Agency/Handout via REUTERS

VIVA.co.id – Amerika Serikat pada Selasa, 11 Juli 2017 berhasil meluncurkan senjata rudal balistiknya atau IRBM yang disebutkan memiliki kapasitas yang setara dengan rudal yang dikembangkan Korea utara.

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

Peluncuran ini disebutkan sudah direncanakan sejak bulan lalu di samudera Pasifik tak lama setelah Korea Utara meluncurkan rudalnya ICBM pada tanggal 4 Juli lalu. Amerika Serikat meluncurkan senjata tersebut dari terminal THAAD dan menyatakan bahwa senjata canggih ini akan bisa menangkal ancaman dari Pyongyang.

Para pakar sebagaimana dilansir Reuters mengatakan bahwa peluncuran rudal ini berhasil dan akan bisa melawan kekuatan senjata Korea Utara. Peluncuran ini juga dianggap makin mengerek naik citra kemampuan militer AS dalam hal program pembangunan senjata rudal.

PM Jepang Berencana Perbaiki Hubungan dan Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Disebutkan bahwa sistem THAAD melalui uji final membuktikan bisa menandingi kapasitas rudal ICBM yang memiliki jangkauan antara 1800 hingga 3100 mil atau 3000 hingga 5000 Kilometer.

Sementara untuk bisa menyerang daratan Amerika Serikat, Korea Utara membutuhkan rudal penembak ICBM dengan daya jangkau sekitar 3400 mil atau 5500 Kilometer. (ren)

Korea Selatan Yakin Putri Remaja Kim Jong Un Akan Jadi Penerus sang Diktator
VIVA Militer: Asops Panglima TNI cek kesiapan pengiriman bantuan ke Palestina

5 Negara dengan Militer Aktif Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?

Meski 5 negara ini memiliki kekuatan militer yang besar, penting untuk diingat bahwa jumlah tentara aktif hanyalah salah satu aspek dari kekuatan pertahanan suatu negara.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024