Merasa Dipojokkan AS Soal Korea Utara, China Marah

Girangnya Presiden Korea Utara usai uji coba rudal balistik antarbenua
Sumber :
  • KCNA/via REUTERS

VIVA.co.id – Pemerintah China, menolak permintaan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mendorong adanya tindakan tegas terhadap Korea Utara, untuk mengendalikan program nuklirnya.  

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

Permintaan Trump ini dimulai sejak Pyongyang, Ibu Kota Korea Utara, meluncurkan rudal balistik dengan daya jangkau antarbenua yang disebutkan para ahli bisa mencapai Alaska, atau bagian lain di Pantai Barat Amerika.

Namun, China mengatakan bahwa memberi sanksi terhadap Korea Utara bukan solusi. China juga menolak dianggap bertanggung jawab atas kelakuan Korea Utara yang selama ini cukup mesra dengan Beijing.

5 Negara dengan Militer Aktif Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?

"Baru-baru ini, beberapa pihak yang membahas tentang masalah nuklir di Semenanjung Korea telah melebih-lebihkan dan memberi kesan apa yang disebut 'teori tanggung jawab China'," kata Geng Shuang, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, dilansir laman The Guardian, Rabu 13 Juli 2017.

"Saya pikir, ini menunjukkan kurangnya pengetahuan sepenuhnya tentang masalah ini, atau ada motif tersembunyi untuk mencoba mengalihkan tanggung jawab," kata dia lagi.

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

China adalah sekutu diplomatik Korut dan mitra dagang terbesar negara itu. Diketahui bahwa selama ini, para pemimpin China telah berusaha keras untuk memastikan agar rezim Kim Jong-un tidak runtuh.

"Meminta orang lain untuk melakukan pekerjaan, tetapi diri sendiri tidak melakukannya sendiri sangat tak baik. Kami seperti ditusuk dari belakang," ujarnya.

China juga menyalahkan Amerika dan Korea Selatan atas ketegangan yang meningkat di Semenanjung Korea tersebut. China mengingatkan bahwa baik AS dan Korea Selatan juga tak jarang melakukan latihan militer antirudal di wilayah semenanjung. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya