Presiden Duterte Bocorkan Curhat Jokowi, Pusing Lihat AS

Kunjungan Presiden Filipina Rodrigo Duterte
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id – Presiden Filipina Rodrigo Duterte buka-bukaan soal pembicaraannya dengan Presiden Joko Widodo. Dia mengatakan bahwa Jokowi mengeluhkan kepadanya soal Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

"Yang selalu menjadi perhatian saya memang kami banyak berusaha dikontrol oleh Amerika Serikat. Bahkan pejabat-pejabat di kementerian juga," kata Duterte sebagaimana dilansir laman The Philippine Star, Rabu 12 Juli 2017.

Presiden Duterte mengatakan bahwa Presiden Jokowi mengeluh sikap AS yang paling suka ikut campur urusan dalam negeri orang lain. Pula mencampuri berbagai kebijakan strategis, termasuk soal antiterorisme dan hukuman mati terhadap gembong narkoba.

Budi Gunadi Klaim Berhasil Jadi Menkes Karena Jokowi Tidak Pernah Masuk Rumah Sakit

"Contohnya Presiden Widodo. Tahu apa yang dia keluhkan saat kami ngobrol? Ya Amerika dan sisanya Uni Eropa," kata Duterte lagi soal curhat mereka.

"Mereka itu ingin sekali ikut campur dan menekan kebijakan termasuk soal isu hukuman mati," lanjut Presiden Duterte.

Jokowi Akui 90 Persen Bahan Produksi Farmasi Masih Impor

Presiden Duterte diketahui memang cukup keras bersikap kepada Amerika Serikat sejak dia terpilih. Bahkan Duterte tak sungkan memaki negara yang sejak lama sebenarnya menjadi sekutu Filipina tersebut.

Diketahui bahwa Duterte memang beberapa kali bertemu Jokowi termasuk pada saat Presiden Filipina itu bertandang ke Jakarta pada tahun lalu. Sementara Jokowi juga sempat melakukan kunjungan kenegaraan ke Manila. (ase)

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto, dan Gibran Rakabuming Raka, menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu malam, 24 April.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024