Indonesia dan Inggris Kerja Sama Cegah Pendanaan Terorisme

Menlu RI, Retno Marsudi, dan Menlu Inggris, Boris Johnson, di London.
Sumber :
  • Dok. Kementerian Luar Negeri RI

VIVA.co.id – Pemerintah Indonesia dan Inggris sepakat meningkatkan kerja sama dalam hal pencegahan pendanaan terorisme. Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, kepada Menteri Luar Negeri Inggris, Boris Johnson, di London.

Jokowi Ingatkan Banyak Modus Baru Kejahatan Pencucian Uang

Dalam pertemuan itu, keduanya sepakat bahwa ancaman terorisme saat ini semakin meningkat di berbagai belahan dunia. Menurut Retno, saat ini terjadi regionalisasi kelompok terorisme dengan semakin banyaknya teroris lokal yang berafiliasi kepada ISIS.

"Ancaman terorisme hanya dapat diatasi melalui kerja sama internasional yang efektif, termasuk melalui penguatan aturan hukum terkait terorisme," kata Retno melalui keterangan resmi Kementerian Luar Negeri RI, Kamis 13 Juli 2017.

Pemkab Tangerang Benarkan PNS Mereka Ditangkap Densus

Selain itu, Menlu RI juga menyampaikan harapan agar kerja sama perdagangan dan investasi kedua negara dapat terus ditingkatkan. Seperti diketahui, saat ini pemerintah Inggris tengah menjalani negosiasi keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit).

"Kami sepakat pentingnya meningkatkan intensitas kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan pasca Brexit," ujar Retno.

IDI Sukoharjo Minta Kasus Sunardi Tak Dikaitan dengan Profesi Dokter

Sebagai informasi, Inggris merupakan mitra dagang ke-4 terbesar bagi Indonesia dari negara-negara Eropa dengan nilai US$2,48 miliar pada tahun 2016. Dalam hal investasi, Inggris menempati urutan ke-13 investor terbesar di Indonesia dengan nilai US$306 juta pada tahun 2016. (ren)

Sumber : medium.com (Nigeria deserve and should be better)

Bantu Perangi Terorisme di Afrika, Adakah Niat Terselubung Amerika?

Pemberontakan yang berulang di Nigeria Utara merupakan hasil dari lingkungan politik Nigeria.

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2023