Operasi, Ibu Jari Kaki Pria Australia Jadi Jempol Tangannya

Pria di Australia setuju jempol kaki dijadikan jempol tangan
Sumber :
  • South Eastern Sydney Local Health Distric/BBC

VIVA.co.id – Seorang pekerja peternakan di Australia mengalami luka parah setelah diserang oleh seekor banteng. Karena itu, dia terpaksa harus kehilangan ibu jari tangan kanannya.

Geger, Pria Bayar Orang Untuk Potong Kakinya dengan Alasan Nyeleneh Ini

Zac Mitchell (20) terluka parah saat bekerja di sebuah lahan pertanian terpencil di Australia Barat. "Seekor banteng menghempaskan tanganku ke pagar," kata Mitchell, dikutip dari BBC, Jumat 14 Juli 2017.

Mitchell mengatakan rekan-rekan sekerjanya pada saat itu berusaha meluruskan kembali jempolnya setelah kecelakaan terjadi. Namun akhirnya dia harus dibawa ke rumah sakit di ibu kota negara bagian Perth. Namun upaya menyelamatkan ibu jarinya, gagal.

Miris, Lebih dari 10 Anak di Gaza Harus Kehilangan Kaki Akibat Serangan Israel

Ia harus menjalani dua kali operasi dan dokter tidak berhasil memasang kembali ibu jari tangannya. Tak menyerah, dokter pun akhirnya menawarkan ide memindahkan ibu jari kakinya yang besar untuk dipasang ke posisi jempol tangan. Hal itu dilakukan dalam sebuah operasi yang berlangsung selama delapan jam.

Meski awalnya menolak, Mitchell akhirnya setuju untuk melakukan operasi transplantasi tersebut di Sydney Eye Hospital. Dokter yang menangani operasi, Dr Sean Nicklin mengatakan dia tidak terkejut bahwa pasien itu bakal setuju.

Geger Seorang Remaja Harus Diamputasi Kaki dan Tangannya Gegera Flu, Kok Bisa?

"Ini adalah ide gila namun percayalah, meski Anda punya empat jari, jika tidak memiliki ibu jari, maka tangan akan kehilangan banyak fungsi," kata Nicklin.

Mitchell membutuhkan lebih dari 12 bulan untuk rehabilitasi. Namun dia berencana tetap kembali bekerja di peternakan setelah punya jempol tangan yang berasal dari ibu jari kaki. (ase)

Suty Karno

Alami Diabetes hingga Kehilangan Satu Kaki, Suty Karno Sempat Tidak Suka Minum Air Putih

Setelah terserang sakit diabetes, Suty Karno merubah total gaya hidupnya menjadi jauh lebih sehat. Ia meninggalkan kebiasaan buruk di masa lalu. 

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024