PM Australia Tuntut Jawaban AS soal Penembakan Warganya

PM Malcolm Turnbull di KTT G-20
Sumber :
  • REUTERS/John MACDOUGALL

VIVA.co.id – Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull mengatakan bahwa dia sedang menunggu jawaban resmi dari Amerika Serikat mengenai penembakan warga Australia di negeri Paman Sam itu. Australia menilai, hingga saat ini, AS belum bisa memberikan jawaban jelas atas kematian Justine Damond yang diketahui ditembak polisi.

PM Australia Menahan Tangis soal Kasus Pemerkosaan Staf Parlemen

Justine Damond merupakan perempuan asal Sydney yang tewas ditembak polisi di Minneapolis, AS setelah diduga memanggil polisi untuk melaporkan dugaan perbuatan kriminal.

Insiden tersebut kini sedang diselidiki aparat keamanan yang disebutkan belum bisa memberikan jawaban memuaskan bagi keluarga korban. Damond diketahui bertolak ke AS karena akan menikah di sana.

Gadis 9 Tahun Tewas dalam Penembakan di California

"Bagaimana bisa seorang perempuan yang hanya menggunakan piyama minta bantuan polisi malah tertembak," kata Malcolm Turnbull kepada media lokal Nine Network sebagaimana dilansir BBC.

"Penembakan ini sungguh mengejutkan dan kami menuntut jawaban atas nama keluarganya," tutur PM Turnbull.

Sadis, Pria Ditembak Mati Saat Gandeng Putrinya Seberangi Jalan

Diketahui bahwa Damond (40) tewas ditembak polisi saat masih menggunakan piyama ketika dia mendekati mobil polisi yang dipanggilnya pada Sabtu, 15 Juli 2017.
 
Diduga bahwa aparat polisi mengeluarkan tembakan dengan alasan yang kurang jelas hingga mengenai si korban. Anehnya, setiap polisi di Minneapolis diketahui diperlengkapi dengan kamera. Namun, untuk kejadian tersebut, tidak ada rekaman peristiwa.

Presiden AS Joe Biden

Gagah Umumkan Aliansi dengan Inggris-Australia, Joe Biden Lupa Nama PM

Momen canggung tak menyebut nama PM Australia Scott Morrison diduga kuat karena lupa kemudian jadi sorotan media massa. Pidato Joe Biden soal AUKUS yang dibentuknya.

img_title
VIVA.co.id
17 September 2021