Presiden Baru India Berasal dari Kasta Rendah

Presiden baru India Ram Nath Kovind
Sumber :
  • REUTERS/Amit Dave

VIVA.co.id – Politikus Ram Nath Kovind terpilih menjadi Presiden ke-14 India. Ram Nath Kovind disebutkan selama ini bukan seorang politikus yang populer, pula berasal dari kasta Dalit terendah.

Seandainya Militer China Perang Udara Lawan India, Siapa yang Menang?

Dia sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Bihar Timur dan mengalahkan rivalnya, politikus Kongres dari Partai Oposisi, Meira Kumar sebagaimana dilansir laman CNN Amerika Serikat.

Presiden terpilih tersebut berusia 71 tahun dan diusung partai pendukung pemerintah, Bharatiya Janata Party. Kovind diketahui didukung Perdana Menteri Narendra Modi karena Modi ingin mendapatkan dukungan yang lebih luas khususnya dari komunitas Dalit.

MUI Kecam Keras India Atas Kekerasan Terhadap Umat Muslim

Kovind memiliki latar belakang sebagai pengacara dan pernah bertugas di Pengadilan Tinggi New Delhi dan Mahkamah Agung. Dua tahun terakhir, dia masuk di pemerintahan Bihar dengan didukung oleh partai perdana menteri.

Diketahui bahwa wewenang Presiden di India tidak terlalu besar. Segala kebijakan yang diambil harus melalui persetujuan Perdana Menteri. Namun legislasi dari Parlemen baru bisa lolos setelah mendapatkan tanda tangan Presiden. (mus)

FPI-PA 212 Minta India Setop Persekusi Terhadap Umat Muslim
Source : Republika

Hubungan Hindu-Muslim di India Memburuk, Sejak Kapan?

India adalah rumah bagi sekitar dua ratus juta Muslim.

img_title
VIVA.co.id
21 Agustus 2020