St Mary Jadi Katedral Pertama Layani Pernikahan Sejenis

Katedral St Mary's
Sumber :
  • Flickr/Steve Cadman/Metro.co.uk

VIVA.co.id – Sebuah katedral di Skotlandia menjadi gereja pertama di negara tersebut yang menyediakan layanan pernikahan bagi pasangan sesama jenis. Disebutkan bahwa pendeta di St Mary's Cathedral di Glasgow telah mendapatkan dukungan penuh atas kebijakan ini.

Selangkah Lagi Thailand Sahkan UU Pernikahan Sesama Jenis

Seluruh anggota Dewan Gereja St Mary tersebut memilih untuk mendukung langkah tersebut melalui Sinode Umum Gereja Episkopal Skotlandia yang digelar pada awal tahun ini. Katedral St Mary mulai membuka pendaftaran bagi pasangan sesama jenis yang ingin menikah.

Dilansir laman Metro, Jumat 21 Juli 2017, sejauh ini sudah ada satu pasangan sesama jenis yang mendaftarkan diri untuk dinikahkan. Pasangan tersebut akan berangkat ke Glasgow dari Inggris karena mereka tidak diizinkan menikah di paroki gereja lokal mereka di negaranya.

7 Kedekatan Cristiano Ronaldo dengan Islam, No 5 Enggak Nyangka Banget

Seorang pengurus katedral, Pastor Kelvin Holdsworth mengatakan, bahwa layanan baru ini mencuri perhatian publik.

"Orang-orang di St Mary's mengambil bagian dalam kampanye untuk memungkinkan pasangan gay dan lesbian (LGBT) untuk menikah di Skotlandia. Kami ingin menawarkan pernikahan semacam itu di katedral sendiri," kata Holdsworth.

Russia Classifies LGBT Movement as Extremist, Terrorist Group

Holdsworth mengatakan, Katedral St Mary adalah salah satu katedral paling bagus karena memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk bisa menikah.  Diketahui pernikahan sesama jenis ditentang dalam ajaran Nasrani maupun Katolik. Secara umum, gereja menolak menikahkan pasangan sejenis. (mus)

Ilustrasi LGBT

Sekolah Ini Singkirkan 300-an Buku yang Memuat Konten LGBT

Sebuah sekolah di Florida menyingkirkan sekitar 300-an buku dari rak perpustakaan ke dalam daftar "materi yang dihapus atau dihentikan" karena memuat materi LGBTQ anak.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024