26-07-1775: Berdirinya Kantor Pos Amerika Serikat

Bendera Amerika Serikat
Sumber :
  • feelgrafix.com

VIVA.co.id – Hari ini tepat pada tanggal 26 Juli 1775 merupakan tonggak berdirinya sistem pos di Amerika Serikat. Benjamin Franklin pada saat itu menjadi figur yang membangun dasar-dasar sistem pengiriman dengan pos. Franklin menjabat sebagai Gubernur Jenderal Kantor Pos AS.

Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang

Peran sistem pos dinilai sangat krusial, mengingat sejak era kolonial pada tahun 1600-an, para kolonis AS sangat membutuhkan korespondensi satu dengan lainnya, khususnya ke dan dari Amerika Serikat. Biasanya mereka menggunakan jasa penulis surat di Inggris sehingga surat yang dikirimkan memakan waktu berbulan-bulan tiba di alamat tujuan. Pada saat itu belum ada kantor-kantor pos di wilayah koloni.

Dilansir laman History.com, Benjamin Franklin membawa banyak kemajuan dalam hal sistem pos. Selain membangun sejumlah kantor pos, dia juga memotong jalur korespondensi antarkota seperti dari New York ke Philadelphia yang akhirnya hanya makan waktu sepekan pengiriman.

Update Corona di Dunia: 10,1 Juta Orang Terpapar, 502.998 Meninggal

Franklin sebelum tahun 1775 sudah menjadi tokoh yang membangun sistem pos AS, meskipun pada tahun 1774, dia sempat dipecat dari jabatannya oleh Inggris karena dianggap terlalu aktif berperan untuk kegiatan revolusi. Namun setahun kemudian dia diangkat kembali sebagai Gubernur Jenderal oleh Kongres Antarkontinental. (ase)

Ilustrasi pistol.

Anak 8 Tahun Tewas Akibat Penembakan di Mal Alabama AS

Tiga orang lainnya terluka dalam penembakan tersebut.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2020