Ada Hari-hari Ular Disembah di Negara Ini

Patung simbol-simbol ular di Festival Nag Panchami
Sumber :
  • REUTERS/Abhishek N. Chinnappa

VIVA.co.id – India dengan keyakinan dan budayanya sarat dengan festival dan momen penyembahan terhadap dewa-dewa. Salah satunya yaitu Festival Nag Panchami yaitu Festival Ular yang dirayakan setiap tahun pada bulan Shravan kalender Hindu.

Dikira Digigit Tikus, Anak 4 Tahun di Tangerang Tewas Ternyata Digigit Ular Kobra

Festival tersebut baru-baru ini kembali dirayakan yaitu pada tanggal 27 Juli 2017. Di momen tersebut, para warga yang meyakini dewa ular, melakukan penyembahan dan memberikan sesajen kepada ular. Pada hari tersebut, ular-ular diberikan tempat istimewa hingga di kuil-kuil tertentu akan dipajang patung-patung berbagai ular.

Sebagaimana dipublikasikan laman India.com, Nag Panchami dirayakan di banyak daerah di India. Mantra-mantra dinyanyikan yang disiapkan sesajen aneka kembang dan manisan kepada ular.

10 Ular Paling Berbisa di Dunia, Sekali Gigit Nyawa Langsung Minggat

Dewa ular dalam bentuk patung juga dimandikan dengan susu murni pada hari yang dianggap istimewa tersebut.

Ada dua keyakinan yang mendasari perayaan ini. Yang pertama adanya kepercayaan bahwa pada tanggal tersebut, dewa Krishna menang melawan Kaliya, sosok ular hitam yang sangat besar di sungai Yamuna. Sementara kepercayaan lain menyebutkan bahwa Nag Panchami dirayakan untuk memperingati diciptakannya dewa ular oleh dewa Brahma.

King Kobra vs Piton: Ular Mematikan Mana yang Akan Menang dalam Pertarungan? 

Sejumlah wilayah di Gujarat bahkan merayakan hari ular ini selama 15 hari. Pada periode tersebut, akan terlihat banyaknya sesajen yang diperuntukkan bagi ular di kuil-kuil India yang memperingati Nag Panchami. Juga ditonjolkannya figur dan simbol-simbol menyerupai ular di berbagai tempat.

Ular kobra .

5 Jenis Ular Kobra dengan Racun Paling Mematikan di Dunia, Salah Satunya dari Jawa

Kobra adalah salah satu jenis ular yang terkenal akan keberadaannya yang mematikan dan beracun. Ular ini menjadi momok menakutkan, terutama di wilayah Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024