08-08-1945: AS Negara Pertama Ratifikasi Piagam PBB

Ilustrasi PBB
Sumber :
  • sputniknews

VIVA.co.id – Di bawah kepemimpinan Presiden Amerika Serikat, Harry S. Truman, negara itu meneken Piagam PBB tepat pada hari ini, 8 Agustus, 72 tahun silam. AS juga menjadi negara pertama yang secara lengkap meratifikasi piagam PBB ke dalam UU-nya.

Ban Ki Moon: Krisis Air Lebih Mengerikan dari Pandemi COVID-19

AS juga termasuk negara pertama yang menjadi anggota PBB dan ikut menginisiasi lahirnya organisasi dunia tersebut. Meskipun keberadaan PBB pada saat itu, sebagaimana dikutip dari laman History.com, masih dibayang-bayangi adanya konflik Perang Dingin antara AS dan Uni Soviet.

Pada tanggal 8 Agustus tahun tersebut menjadi tanggal bersejarah bagi AS. Tak hanya soal penandatanganan Piagam PBB, pada hari itu, AS juga menjatuhkan bom atom kedua di Jepang tepatnya di Nagasaki.

Rusia Sebut Ukraina Bikin Senjata Biologis Didukung AS, Ini Kata PBB

Sementara itu, di Gedung Putih, Truman malah menyuarakan adanya damai bagi negara-negara dunia menyusul selesainya Perang Dunia II. Hal itu disebut secara simbolik tergambar dari ratifikasi AS atas Piagam PBB.

Piagam PBB semakin kuat posisinya setelah sejumlah negara seperti China, Rusia, Inggris, dan Prancis serta sebagian anggota PBB pada waktu berikutnya juga menyatakan sepakat akan meratifikasinya.

Ini Sosok Artis Hamil Ukraina Penipu Besar Dunia untuk Hancurkan Rusia
Ilustrasi Dewan Keamanan PBB (sumber: wikimedia)

Dewan Keamanan PBB yang Gagal dalam Menjamin Perdamaian Dunia

Situasi di Dewan Keamanan PBB yang terkait dengan Israel dan Palestina telah menjadi perdebatan panjang.

img_title
VIVA.co.id
23 November 2023