Warga Prancis Tolak Istri Presiden Macron Jadi First Lady?

Brigitte Trogneux, istri Emmanuel Macron usai mencoblos di Pemilu Prancis 2017
Sumber :
  • REUTERS/Eric Feferberg/Pool

VIVA.co.id – Sudah ada 200 ribu orang lebih warga Prancis yang ikut menandatangani petisi untuk mencegah Brigitte Macron, istri Presiden Prancis, Emmanuel Macron mendapatkan peran maupun gelar ibu negara Prancis atau first lady.

Takut DNA-nya Dicuri, Macron Tolak Tes COVID-19 di Rusia

Adanya gerakan mencegah Brigitte menjalankan peran formal sebagai first lady di Istana Élysée terjadi setelah Macron mengeluarkan kebijakan kontroversial. Diketahui bahwa Presiden Prancis tersebut mengeluarkan kebijakan kontroversial melarang anggota parlemen mempekerjakan kerabat sendiri untuk mencegah adanya potensi korupsi.

Diketahui bahwa secara formal, peran ibu negara memang tidak terlalu menonjol di Prancis. Oleh karena itu tidak ada anggaran khusus seperti gaji bulanan bagi ibu negara sebagaimana terjadi di sejumlah negara lain.  

Usai Bertemu Putin, Dukungan bagi Emmanuel Macron untuk Pemilu Naik

Meski demikian, istri Presiden Prancis memang tetap mendapatkan kantor dan sejumlah staf. Sementara itu, bujet, hanya untuk sejumlah kegiatan penting.

Sementara itu, Macron menilai bahwa seorang istri presiden layak mendapatkan hak yang seharusnya.

Ditekan Sana-sini, Putin Janji Tak akan Tingkatkan Ketegangan Ukraina

"Tentu saja seorang Presiden Republik ini tinggal dengan seseorang, siang dan malam dengan seorang itu serta kehidupan publik dan pribadi tak lepas dari seseorang itu," kata Macron kepada TF1 Prancis sebagaimana dikutip laman Independent.co.uk.

Popularitas Presiden Macron dinilai menurun menyusul sejumlah kebijakan nonpopulisnya terkait kebijakan perumahan hingga rencana pemotongan anggaran militer.

Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) berbicara dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Moskow, Rusia, 7 Februari 2022.

Putin Tegaskan Kembali Operasi Militer di Ukraina Tidak Akan Berhenti

Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan kepada Presiden Prancis, Emmanuel Macron, bahwa dia akan terus melanjutkan operasi militer di Ukraina.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2022