Malaysia Tangkap 400 Orang Terkait Terorisme, Ada WNI

Logo kelompok militan ISIS.
Sumber :
  • Reuters/Alaa Al-Marjani

VIVA.co.id – Malaysia melakukan operasi antiterorisme besar-besaran. Sekitar 400 orang ditangkap, beberapa diantaranya adalah WNI.

Kasus Korupsi Puluhan Triliun 1MDB Lanjut, Najib Razak Terkejut

Operasi antiterorisme dilakukan oleh pemerintah Malaysia untuk mencari orang-orang yang diduga terkait kelompok ISIS. Menurut aparat Malaysia, ratusan orang yang ditahan itu berasal dari Bangladesh, India, Pakistan, dan Indonesia.

Penangkapan terhadap warga asing yang dicurigai terlibat ISIS ini berlangsung di Kuala Lumpur. Aparat langsung mendatangi rumah-rumah warga yang mereka curigai. Orang-orang ini lalu dinaikkan ke truk dan bus dengan tangan diborgol.

Malaysia Makin Ngebet Gojek, Dipuja-puji Abis

Pejabat Kepolisian Malaysia Divisi Antiterorisme Ayob Khan Mydin Pitchay menyampaikan datanya. Namun ia tak menyebutkan, berapa banyak WNI yang ditahan.

Dalam operasi tersebut Pitchay, diberitakan oleh BBC, 8 Agustus 2017, mereka yang menjadi target adalah semua yang memiliki dokumen perjalanan palsu atau sama sekali tak membawa dokumen perjalanan dengan alasan hilang.

Jangan Sembarangan Biarkan Gojek Mengaspal di Malaysia

"Kami akan mendeteksi dan menindak warga asing yang dicurigai memiliki keterkaitan dengan teroris, khususnya mereka yang terlibat dalam aktivitas di Suriah," kata Ayob Khan Mydin Pitchay.

Januari lalu, operasi serupa pernah digelar pemerintah Malaysia. Saat itu tiga WNI ditangkap karena diduga terlibat ISIS. Salah satunya bahkan memiliki jaringan dengan pejuang ISIS di Suriah dan pernah bepergian ke Turki pada tahun 2013.

Ilustrasi ibadah di masjid.

Enam Pria Malaysia Dipenjara Sebulan karena Tidak Salat Jumat

Mereka dinyatakan bersalah di pengadilan syariah Terengganu.

img_title
VIVA.co.id
5 Desember 2019