Korea Utara Bersiap Serang AS Pertengahan Agustus Ini

Salah satu rudal Korea Utara dengan nama Mars-12 saat diluncurkan. Namun tak diketahui persis, kapan rudal itu diluncurkan.
Sumber :
  • Reuters/KCNA

VIVA.co.id – Niat Korea Utara menyerang AS sepertinya makin menjurus kenyataan. Hari ini, media pemerintah Korea Utara menyampaikan kabar mendebarkan tersebut.

Kim Jong-un Hilang Jelang Parade Militer Massal Korea Utara

Media pemerintah Korea Utara mengutip Jenderal Kim Rak Gyom mengatakan, negara itu sedang bersiap-siap mengambil tindakan militer kepada Amerika Serikat. Korea Utara akan menyasar kawasan Pulau Guam milik Amerika.

Kawasan pulau Guam merupakan kawasan penting di mana terdapat berbagai fasilitas angkatan udara dan laut Amerika yang besar.  Dikutip dari Sky News, penduduk Guam kira-kira 163 ribu orang, termasuk 7.000 tentara Amerika.

Meradang Dengar Misi Kim-Jong un, Militer Korsel Bikin Pasukan Anti-Nuklir Korea Utara

Diberitakan VoA, Jenderal Kim mengatakan, Korea Utara akan merampungkan rencana serangan itu menjelang pertengahan bulan ini. Negara yang dipimpin Kim Jong-un itu akan meluncurkan empat rudal jarak menengah yang dikenal dengan nama Hwasong-12 ke arah Pulau Guam. Setelah terbang di atas Jepang, roket-roket itu diperkirakan akan jatuh kira-kira 30 sampai 40 km di lepas pantai Guam.

Kantor berita pemerintah KCNA mengatakan, rencana yang sangat terinci itu akan diserahkan kepada pemimpin Kim Jong-un. "Dan setelah itu akan menunggu perintahnya," ujar Jenderal Kim.

Korsel Membalas, Rudal Kendali Udara Teror Situs Nuklir Korea Utara

Pernyataan jenderal Kim itu adalah retorika terbaru dalam ketegangan yang semakin memuncak antara Amerika dan Korea Utara.

Hari Rabu, Menteri Pertahanan Amerika Jim Mattis mengatakan, Korea Utara akan musnah apabila berani memulai perang. Mattis memperingatkan Pyongyang supaya menghentikan usaha membuat senjata nuklir.

Kata Mattis lagi, Korea Utara “harus menghentikan semua rencana tindakan yang hanya akan menjurus kepada kemusnahan rezim itu beserta rakyatnya.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya