Kerusuhan Pengungsi dengan Polisi Pecah di Roma

Bentrokan polisi dan pengungsi di salah satu square di Roma, Italia
Sumber :
  • REUTERS/Yara Nardi

VIVA.co.id – Bentrokan terjadi antara polisi dan para pengungsi di Italia. Dilaporkan pada Jumat, 25 Agustus 2017, para pengungsi sengaja menduduki salah satu square di Roma, dan tak mau meninggalkan pelataran tersebut, meskipun sudah diperingatkan aparat.

Banjir dan Longsor di Luwu Sulawesi Selatan, 12 Desa Terisolir

Dilansir laman Reuters, bentrokan kemudian terjadi tatkala sekitar 100 orang pengungsi menolak meninggalkan lokasi tersebut. Sementara itu, polisi berupaya mengusir 800 pencari suaka yang juga ikut memanaskan situasi.

Bentrokan tersebut menandai terjadinya ketegangan di Italia dalam merespons imigran yang belakangan memang menjadi pro dan kontra. Untuk menstabilkan situasi, polisi pun menyiramkan air melalui water canon berkali-kali ke kerumunan massa.

Jokowi Minta Relokasi Warga Terdampak Erupsi Gunung Ruang Dipercepat

Dilaporkan, para pengungsi yang sedang dalam proses suaka itu juga melempari polisi dengan botol, tongkat, dan batu. Polisi menyatakan, pengungsi menolak tempat penampungan yang sudah ditawarkan otoritas. Mereka bertahan di pelataran Piazza Independenza sejak Sabtu lalu.

Sementara itu, bagian dinding di pelataran dicoret dengan tulisan, "Kami pengungsi bukan teroris di Italia".

Jadi Mitra Filantropi Islam, UNHCR Salurkan Bantuan ke 1,7 Juta Penerima Manfaat Zakat pada 2023

Dalam keterangan pers, Kepolisian Roma mengatakan bahwa anggotanya dilempari batu dan botol. Tak hanya itu, massa disebutkan sempat menyemburkan gas air mata dan menggunakan semprotan merica sebagai senjata.

Dua orang sudah ditahan menyusul insiden tersebut. Sementara itu, 13 orang harus dirawat yang salah satunya menderita patah tulang.

Penerjunan bantuan oleh KKP bagi pengungsi Gunung Ruang

KKP Terjunkan Kapal Pengawas Bantu Evakuasi Pengungsi Terdampak Erupsi Gunung Ruang

Evakuasi para pengungsi terdampak erupsi Gunung Ruang diharapkan berjalan lancar

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024