Korea Utara Kembali Uji 3 Rudal, AS Tak Merasa Gentar

Salah satu rudal Korea Utara dengan nama Mars-12 saat diluncurkan. Namun tak diketahui persis, kapan rudal itu diluncurkan.
Sumber :
  • Reuters/KCNA

VIVA.co.id – Korea Utara kembali meluncurkan tiga rudal sebagai uji coba. Rudal tersebut dilaporkan diluncurkan dari Gangwon, Korea Utara dan terbang sejauh 250 Kilometer. Korea Selatan juga menyatakan memantau uji peluncuran tersebut sebagaimana dilansir BBC.

Korea Utara Tembak 2 Rudal ke Laut Jepang, Hal Ini Jadi Penyebabnya

Diketahui bahwa sejak menguji coba rudal balistik antarbenua beberapa saat lalu, Korea Utara menyatakan siap menyerang Guam yang merupakan daratan Amerika Serikat. Hal tersebut memicu ketegangan antara AS dan Korut. Bahkan Korut mendapatkan sanksi yang lebih berat dari PBB.

Namun pihak AS menyatakan bahwa tiga rudal baru yang ditembakkan Korut kali ini sama sekali tak dianggap AS sebagai ancaman.

Rudal Balistik Korut Bikin Rekor Terbang Sebelum Hantam Laut Jepang

Sementara itu diketahui bahwa ribuan pasukan AS dan Korea Selatan melakukan latihan bersama di wilayah semenanjung Korea. Departemen Pertahanan Korsel menyatakan bahwa rudal pertama yang diuji coba Korut pada hari ini terlihat pada pukul 06.49 Sabtu, 26 Agustus 2017.

"Terlihat bahwa rudal pertama dan ketiga setelah meluncur tak berhasil terbang jauh. Sementara rudal kedua meluncur dan berhasil terus terbang," dibenarkan Komandan Militer AS di Pasifik, Dave Benham.

Korea Utara Tembakkan Rudal 'Selamat Tahun Baru' ke Arah Jepang  
VIVA Militer: Uji coba rudal balistik Korea Utara (Korut)

Tembakan Rudal Iringi Kedatangan Kim Jong-un di Rusia, Jepang dan Korsel Ketar-ketir

Kim dan Putin bertemu di Vostochny Cosmodrome.

img_title
VIVA.co.id
13 September 2023