05-09-1972: 20 Jam Menegangkan Tragedi Black September

Anggota “Black September” yang menyandera 9 atlet Israel
Sumber :
  • www.mefacts.com

VIVA.co.id – Pada hari ini tepat pada 5 September 1972 dikenal sebagai hari tragedi Black September atau September Hitam di Munich, Jerman. September Hitam dimulai dengan upaya teroris asal Arab yang menyandera para atlet asal Israel pada saat olimpiade dunia berlangsung.

Antara Dukungan dan Keberlanjutan Ekonomi Lokal

Dilansir laman History.com, lima teroris asal Arab yang menamakan diri sebagai kelompok September Hitam berkostum seakan mereka atlet dan memasuki kawasan penginapan atlet yang mengikuti olimpiade. Mereka kemudian menawan para atlet Israel, meskipun beberapa atlet sempat melakukan perlawanan yang menyebabkan sejumlah teroris cedera.

Disebutkan, atlet gulat bernama Yossef Gutfreund bahkan sempat melawan dan menolong atlet lain bernama Tuvia Sokolovsky untuk melarikan diri.

Dewan Keamanan PBB yang Gagal dalam Menjamin Perdamaian Dunia

Kelompok September Hitam menuntut pembebasan para teroris Arab dan pada saat itu meminta disediakan pesawat dan landasan di bandara udara. 

Sementara itu, pemerintah Jerman kala itu sudah siap dengan tim penyerbu dan penembak jitu di bandara untuk melumpuhkan teroris. Namun, rencana tersebut sempat terganggu dengan adanya penambahan jumlah teroris yang sebelumnya tidak diprediksi aparat.

Kegagalan Hukum Internasional dalam Menghadapi Kejahatan Perang Israel

Durasi tragedi September Hitam berlangsung sekitar 20 jam sejak pagi harinya. Dalam insiden berdarah ini dicatat 11 atlet asal Israel tewas, satu orang polisi Jerman meregang nyawa dan lima orang teroris asal Palestina juga menemui maut.

Sumber : medium.com (Nigeria deserve and should be better)

Bantu Perangi Terorisme di Afrika, Adakah Niat Terselubung Amerika?

Pemberontakan yang berulang di Nigeria Utara merupakan hasil dari lingkungan politik Nigeria.

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2023