Rayakan Uji Coba Nuklir, Korut Pesta Kembang Api

Salah satu proses peluncuran rudal milik Korea Utara.
Sumber :
  • Reuters/KCNA

VIVA.co.id – Korea Utara menggelar pesta besar-besaran untuk merayakan keberhasilan uji coba nuklir terbesarnya akhir pekan lalu. Perayaan tersebut dilakukan dengan mengadakan pesta kembang api dan pawai massa di ibukota Korut, Pyongyang.

Meradang Dengar Misi Kim-Jong un, Militer Korsel Bikin Pasukan Anti-Nuklir Korea Utara

Warga ibukota berkumpul di jalan-jalan pada hari Rabu 6 September malam waku setempat, meneriakkan sorak-sorai mereka kepada para ilmuwan dan spesialis yang terlibat dalam pembuatan nuklir. Puluhan ribu orang berkumpul di Kim Il Sung Square, untuk memuji usaha mereka.

Kantor berita resmi Korut, KCNA, sebagaimana dikutip Channel News Asia, menyebutkan dalam pawai tersebut para pembicara mengatakan bahwa, jika Amerika Serikat memicu perang, maka militer Korea Utara akan mengakhiri nasib negara imperialis yang seperti gangster itu melalui serangan mendadak tanpa ampun dan paling kuat.

Korsel Membalas, Rudal Kendali Udara Teror Situs Nuklir Korea Utara

Uji coba nuklir yang dilakukan akhir pekan lalu merupakan peledakan nuklir keenam Korut dan yang terbesar sampai saat ini. Bom hidrogen adalah senjata termonuklir yang jauh lebih kuat dari bom atom biasa, dan menggunakan ledakan nuklir untuk menghasilkan suhu intens.

Bahkan menurut informasi, bom hidrogen Korea Utara tersebut jauh lebih besar daripada bom yang dijatuhkan AS seberat 50 kiloton yang menghancurkan Hiroshima pada tahun 1945 lalu.

Propaganda Korut, Foto Putri Kim Jong-un di Bawah Rudal Monster
VIVA Militer: Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un

Kim Jong-un Hilang Jelang Parade Militer Massal Korea Utara

Ini yang ketiga kali Kim tak datang ke rapat Politbiro Partai Buruh Korut.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2023