Dahsyat, Badai Irma Sanggup Keringkan Pantai

Badai Irma melalui pantauan satelit NASA.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Badai Irma yang tengah melanda wilayah Amerika Serikat memukul aktivitas masyarakat. Salah satu fenomena paling mencolok adalah sebuah pantai di Bahama yang mendadak kering setelah disedot oleh badai Irma saat menuju daratan Amerika.

Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang

Melalui gambar dan video yang beredar luas di media sosial, fenomena cuaca tersebut memperlihatkan pantai yang kini benar-benar kering. Beberapa orang terekam berjalan di atas pasir di Long Island di Bahamas yang
diketahui biasanya ditutupi oleh air laut.

Kejadian aneh ini disebabkan oleh kekuatan badai yang menarik air ke arah pusatnya. "Pada dasarnya badai Irma begitu kuat dan tekanannya sangat rendah sehingga menyedot air dari sekitarnya ke inti badai," kata Editor
cuaca Angela Fritz sebagaimana dikutip Metro, Minggu 10 September 2017.

Update Corona di Dunia: 10,1 Juta Orang Terpapar, 502.998 Meninggal

Menurutnya, tekanan badai yang rendah menimbulkan adanya mekanisme penghisapan dan menyebabkan ada udara di dalamnya. Bila tekanan itu sangat kuat, maka dapat menyedot air di permukaan lautan.

"Tapi ini bukan tanda tsunami. Air akan kembali ke Long Island meski akan bertahap. Kemungkinan air di pantai akan kembali dalam beberapa hari ke depan," ujarnya.

Amerika Serikat Batasi Visa bagi Pejabat China

Sejauh ini, badai Irma telah menewaskan setidaknya 20 orang dan akan sampai ke daratan Florida pada hari Minggu waktu setempat dan lalu bergeser ke wilayah pantai barat negara tersebut.
 

Ilustrasi pistol.

Anak 8 Tahun Tewas Akibat Penembakan di Mal Alabama AS

Tiga orang lainnya terluka dalam penembakan tersebut.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2020