Rudal Korut Lintasi Hokaido Pagi Ini, Jepang Geram

Rudal Balistik Korut Berhasil Melintasi Jepang
Sumber :
  • KCNA via REUTERS

VIVA.co.id – Korea Utara menembakkan sebuah rudal pagi ini ke Samudera Pasifik, Jumat 15 September 2017. Rudal tersebut terbang di atas langit Hokaido utara, Jepang. 

Korea Utara Tembak 2 Rudal ke Laut Jepang, Hal Ini Jadi Penyebabnya

Dilansir dari Reuters, rudal yang terbang di langit Jepang itu mendarat Samudera psifik sekitar 2.000 kilometer dari Hokaido Timur. Hal ini jelas akan meningkatkan ketegangan antara kedua negara, setelah baru-baru ini Pyongyang juga melakukan uji coba bom nuklir. 

"Provokasi yang terus berulang kali oleh Korea Utara ini tidak dapat diterima. Kami akan melakukan protes dengan kata-kata yang keras," ujar Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga pagi ini.

Rudal Balistik Korut Bikin Rekor Terbang Sebelum Hantam Laut Jepang

Rudal tersebut diketahui dapat mencapai ketinggian 774 km dan terbang sejauh 3.700 km. Menurut militer Korea Selatan, kemampuan tersebut cukup untuk mencapai wilayah teretori AS di Guam. 

Peluncuran rudak Korea Utara ini terjadi sehari setelah Korea Utara mengancam akan menenggelamkan Jepang dan membuat Amerika Serikat menjadi abu dan gelap. Hal itu karena kedua negara itu mendukung resolusi Dewan Keamanan PBB yang memberlakukan sanksi baru terhadapnya untuk uji coba nuklir Korea Utara pada 3 September, yang diketahui paling kuat sejauh ini.

Korea Utara Tembakkan Rudal 'Selamat Tahun Baru' ke Arah Jepang  

Korea Utara juga menuduh AS memiliki 28.500 tentara di Korea Selatan. Pasukan itu berencana untuk menyerang dan secara teratur mengancam untuk menghancurkannya musuh-musuhnya di Asia. (hd)

VIVA Militer: Uji coba rudal balistik Korea Utara (Korut)

Tembakan Rudal Iringi Kedatangan Kim Jong-un di Rusia, Jepang dan Korsel Ketar-ketir

Kim dan Putin bertemu di Vostochny Cosmodrome.

img_title
VIVA.co.id
13 September 2023