Mencekam, Rudal-rudal Korut Terdeteksi Lakukan Pergerakan

Salah satu replika rudal milik Korea Utara.
Sumber :
  • REUTERS/Damir Sagolj

VIVA.co.id – Sebuah laporan terbaru datang dari Korea Utara. Sumber intelijen Korea Selatan dan Amerika Serikat menyebutkan jika mereka berhasil mendeteksi pergerakan beberapa rudal Korea Utara. Rudal-rudal itu tengah bergerak diangkut dari fasilitas roket di Sanum-dong di bagian utara ibu kota Pyongyang.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Menurut laporan Korea Broadcasting System (KBS), pergerakan itu memunculkan spekulasi jika Korea Utara bersiap untuk melakukan tindakan yang lebih provokatif dari lakon-lakon sebelumnya yang telah dilakukan bersama rudal-rudalnya.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu 30 September 2017, laporan menyebut itu berupa rudal jarak menengah Hwasong-12 atau antarbenua Hwasong-14. Bisa saja demikian, meski selama ini fasilitas rudal di Sanum-dong telah didedikasikan untuk produksi rudal balistik antarbenua.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

Seorang sumber dari Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan, dia tidak dapat mengonfirmasi rincian laporan tersebut atau apakah ada kegiatan yang tak biasa di wilayah tersebut. Meski demikian, pejabat Korea Selatan itu mengatakan bisa saja Korea Utara bertindak lebih provokatif jelang ulang tahun partai komunisnya yang akan berlangsung pada 10 Oktober.

Jika tidak demikian, bisa saja rudal itu dilesatkan saat China mengadakan Kongres Partai Komunis pada 18 Oktober mendatang.

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

Di tengah meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea, Korea Selatan dan pasukan AS baru-baru ini mengadakan latihan pertahanan udara jarak dekat pertama mereka. Hal itu dipastikan berdasarkan sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Komando Pasifik AS pada Jumat kemarin. Latihan bersama digelar di Korea Selatan.

Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Delegasi negara Republik Korea Utara yang dipimpin oleh menteri kabinet perdagangan internasional, melakukan kunjungan negara ke Iran, kata media resmi pemerintah Korut.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024