Kritik Rohingya, Oxford Turunkan Potret Aung San Suu Kyi

Aung San Suu Kyi
Sumber :
  • REUTERS/Soe Zeya Tun

VIVA.co.id – Perguruan tinggi Oxford mencopot foto pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi. Diketahui, Oxford merupakan kampus tempat Aung San Suu Kyi menyelesaikan kuliahnya.

Kekejaman Junta Militer Myanmar, Aung San Suu Kyi Tak Dikasih Makan dan Ditelantarkan Saat Sakit

Pencopotan foto Suu Kyi merupakan salah satu langkah Oxford yang mengikuti kritik internasional mengenai perannya dalam krisis kemanusiaan di Myanmar.

Dilansir laman The Guardian, badan pengelola perguruan tinggi St. Hugh memutuskan untuk menghapus lukisan peraih Nobel dari pintu masuk utamanya pada hari Kamis lalu, beberapa hari sebelum dimulainya masa universitas dan kedatangan siswa baru.

Aung San Suu Kyi Sakit, Junta Myanmar Tolak Permintaan Dokter dari Luar

Pada tahun 2012 Aung San Suu Kyi baru saja merayakan gelar doktor kehormatan dari Universitas Oxford yang diperolehnya, dan mengadakan pesta ulang tahun ke 67 di kampus tempat ia mempelajari  politik, filsafat dan ekonomi antara tahun 1964 dan 1967.

Namun dalam beberapa bulan terakhir, pemimpin Myanmar tersebut kerap membela diri terhadap kritik internasional atas aksi warganya terhadap minoritas Rohingya, yang mengalami pembersihan etnis dan serangan kekerasan dari pasukan militer Myanmar.

Aung San Suu Kyi Dapat Grasi dari Junta Myanmar

"Perguruan tinggi menerima anugerah Lukisan baru awal bulan ini yang akan dipamerkan untuk suatu periode. karena itu lukisan Aung San Suu Kyi telah dipindahkan ke penyimpanan," ujar  St Hugh.

Keputusan tersebut diambil oleh badan pengurus perguruan tinggi, yang salah satu anggotanya terdiri dari teman semasa kuliah dan kepala sekolahnya, Dame Elish Angiolini.

Meski demikian ternyata tindakan yang dilakukan oleh St. Hugh digambarkan sebagai aksi pengecut kelompok kampanye Inggris, yang akhirnya mendesak Oxford untuk melangkah lebih jauh.

"Tampaknya ini tindakan yang agak pengecut oleh St Hugh's. Jika mereka menurunkan potret karena Aung San Suu Kyi membela militer Burma karena mereka melakukan pembersihan etnis terhadap Rohingya. Seharusnya, mereka mengatakan langsung dan menulis kepadanya untuk mendesak (Suu Kyi) menghormati hak asasi manusia, " kata Mark Farmaner, direktur kampanye tersebut.

Potret, tersebut dilukis oleh seniman Chen Yanning pada tahun 1997 dan dimiliki oleh suami Aung San Suu Kyi, akademisi Oxford Michael Aris. Namun setelah kematian Aris pada tahun 1999, potret itu diwariskan kepada St Hugh's, dan  dipasang dekat pintu masuk perguruan tinggi di St Margaret's Road di utara Oxford

Alumni Oxford terkenal lainnya termasuk Theresa May, Nicky Morgan, mantan sekretaris pendidikan, dan Barbara Castle, menteri kabinet di pemerintahan Tenaga Kerja Harold Wilson.

Sebagai pemimpin oposisi Myanmar, Aung San Suu Kyi dianugerahi hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1991.  Meskipun dilarang untuk mencalonkan diri menjadi presiden, dia memenangkan sebuah kemenangan yang menentukan dalam pemilihan 2015 di negara tersebut, dan akhirnya diberi gelar konselor negara.

Sebagai perdana menteri, Suu Kyi berada di bawah tekanan untuk mengambil tindakan setelah bukti muncul bahwa pasukan militer Myanmar sedang menyetir ratusan ribu orang Rohingya di luar negeri.

Awal bulan ini ia mengatakan "Aung San Suu Kyi dan orang pemerintah Burma perlu memperjelas bahwa tindakan militer seharusnya berhenti dilakukan." Sejauh ini Universitas Oxford telah memutuskan untuk tidak mempertimbangkan kembali Gelar kehormatan Suu Kyi. 

"Keprihatinan mendalam atas perlakuan Rohingya. Seorang Muslim etnis minoritas universitas tersebut mengatakan bahwa pihaknya berharap pemerintahan Myanmar, yang dipimpin oleh Alumni Oxford Aung San Suu Kyi, bisa menghilangkan diskriminasi dan penindasan, dan menunjukkan kepada dunia bahwa Myanmar menghargai kehidupan semua warganya." dalam pernyataan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya