Super Ekstrem, Suhu di Australia Diprediksi Bisa 50 Derajat

Permukiman di wilayah Birchgrove, Sydney
Sumber :
  • REUTERS/Steven Saphore

VIVA.co.id – Dua kota terbesar di Australia, Sydney dan Melbourne diprediksi mengalami cuaca super panas dengan suhu bahkan hingga 50 derajat Celsius atau setara dengan 22 F hanya dalam beberapa dekade lagi. 

2023 Dinobatkan Jadi Tahun Paling Panas Karena Suhu Bumi Terus Naik, Dampaknya Bikin Nangis!

Dikutip dari laman BBC, ilmuwan memperkirakan panas yang amat sangat itu bisa terjadi di Australia pada saat musim panas. Apalagi disebutkan bahwa pada 2013, Sydney pernah mengalami suhu hingga 45,8 derajat Celsius. Sementara itu, Melbourne pada 2009 pernah menyentuh level suhu 46,4 derajat Celsius. 

Kajian ilmiah cuaca ini hanya memprediksi untuk wilayah Victoria dan New South Wales. Namun, diduga bahwa cuaca amat panas itu juga bisa terjadi di negara bagian lainnya.

Cuaca Panas Indonesia Jadi Tantangan Timnas Spanyol U-17 di Piala Dunia

"Salah satu tahun paling panas yang pernah dicatat secara global adalah pada 2015 dan itu bisa menjadi cuaca rata-rata pada tahun 2025," kata Ketua Peneliti, Dr. Sophie Lewis dari Australia National University. 

Lewis mengatakan bahwa Sydney maupun Melbourne akan bisa mengalami panas hingga 50 derajat Celsius di rentang 2014 hingga 2050. Sementara itu, tahun lalu diketahui bahwa Australia sudah mengeluarkan peringatan soal cuaca ekstrem dan embusan hawa panas yang rentan menyebabkan kebakaran.

Cuaca Panas Bisa Percepat Penuaan Dini, Dokter Sarankan Lakukan Perawatan Ini
Ilustrasi badai/topan.

Suhu Laut Mendatang Bakal Meningkat, Diperkirakan Akan Ada Badai Hebat dan Cuaca Ekstrem

Ketika suhu laut mencapai puncak baru yang berbahaya, para ahli memperingatkan tingkat akumulasi panas yang belum pernah terjadi sebelumnya akan memicu reaksi yang hebat.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024