Senin Pekan Depan, Katalunya Deklarasikan Kemerdekaan

Warga Katalunya berkumpul mendukung referendum.
Sumber :
  • REUTERS/Enrique Calvo

VIVA.co.id – Katalunya dipastikan akan mendeklarasikan kemerdekaannya dari Spanyol pada Senin pekan depan. Langkah ini dilakukan setelah 90 persen warganya mendukung pemisahan diri meski referendum itu mendapat pertentangan dari berbagai pihak.

Selain Belanda, Ini 6 Negara yang Pernah Menjajah Indonesia, Ada Portugis dan Spanyol

Pemimpin Katalunya, Carles Puigdemont mengatakan, dia telah memilih mediasi untuk menemukan jalan keluar dari krisis tersebut. Namun pemerintah Spanyol menolaknya. Sementara Perdana Menteri Mariano Rajoy menanggapinya dengan meminta Katalunya harus kembali pada aturan dasar hukum terlebih dahulu sebelum melakukan perundingan lebih jauh.

Sementara Mireia Boya, Anggota Parlemen Katalunya dari partai pro-kemerdekaan Popular Unity Candidacy mengatakan, deklarasi kemerdekaan akan diikuti dengan sebuah sidang Parlemen pada Senin depan untuk mengevaluasi hasil pemungutan suara tanggal 1 Oktober 2017 lalu.

Prabowo: Indonesia Bangsa Terhormat, Bukan Bangsa Kacung

"Kami tahu bahwa mungkin akan ada pembalasan dan penangkapan. Tapi kami siap dan dalam hal apa pun tidak akan dihentikan," kata Boya melalui akun Twitter seperti dikutip Reuters, Kamis, 5 Oktober 2017.

Puigdemont mengatakan bahwa dia akan meminta Parlemen Katalunya untuk menyatakan kemerdekaan setelah referendum yang oleh pemerintah Spanyol dan pengadilan konstitusinya dianggap sebagai aksi ilegal.

Prabowo Kenang Sudah Mulai Peduli Pertanian Sejak Aktif sebagai Tentara

"Saya yakin dalam beberapa hari ke depan, kita akan menunjukkan yang terbaik dari negara kita ketika institusi Katalunya harus menerapkan hasil referendum," tegas Puigdemont.
 

Duta Besar Malaysia Untuk Indonesia Datuk Syed Md Hasrin Tengku Hussin (Doc: Bernama)

Siap Investasi di IKN, Pengusaha Malaysia Bakal Bangun Sektor Hunian dan Pendidikan

Duta Besar Malaysia untuk Indonesia melakukan kunjungan ke IKN Nusantara bersama delegasi beberapa calon investor dari Malaysia.

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2024