Oxford Tarik Penghargaan Aung San Suu Kyi

Aung San Suu Kyi saat menerima penghargaan dari Universitas Oxford
Sumber :
  • REUTERS/Andrew Winning

VIVA.co.id – Oxford mencabut penghargaan kebebasan Oxford Award yang pernah dianugerahkan kepada Aung San Suu Kyi. Oxford menilai bahwa sebagai salah satu pemimpin penting di Myanmar, seharusnya Suu Kyi bisa andil menghentikan pembantaian dan pengusiran terhadap etnis Rohingya.

6 Jenazah Diduga Pengungsi Rohingya Kembali Ditemukan di Perairan Aceh

Dilansir laman Independent, penghargaan itu diberikan kepada Suu Kyi pada tahun 1997 karena dianggap sebagai pejuang dalam hal demokrasi dan HAM. Selain itu, Suu Kyi juga diketahui sempat menyelesaikan studi di Universitas Oxford, salah satu kampus paling bergengsi di Inggris tersebut.

Dewan Kota Oxford sepakat mencabut penghargaan tersebut melalui pemungutan suara anonim. Suu Kyi dianggap tak lagi relevan dianggap sebagai orang yang memperjuangkan demokrasi di tengah banjir kritikan atas sikapnya yang tak acuh dengan krisis Rohingya.

3 Mayat Diduga Imigran Rohingya yang Mengapung di Laut Aceh Dievakuasi Tim SAR

Diketahui bahwa lebih dari 500 ribu warga Rohingya kini meninggalkan Rakhine setelah mereka dianiaya dan didesak oleh tentara. PBB menilai adanya indikasi pembersihan etnis tatkala otoritas Myanmar tak mengakui etnis tersebut sebagai salah satu komunitas resmi di negaranya.

Sementara Suu Kyi dalam pidato publiknya mengatakan kekerasan harus diganjar dengan aturan hukum. Namun dia membantah adanya pembersihan etnis terhadap Rohingya. Hal ini yang membuatnya dikecam banyak aktivis HAM dan masyarakat internasional.

Ratusan Warga Aceh Barat Aksi Tolak Kedatangan 69 Warga Etnis Rohingya

"Kalau begini artinya reputasi Oxford bisa rusak dengan pemberian penghargaan terhadap orang yang ternyata hanya tutup mata melihat kekerasan," kata Anggota Dewan Kota Oxford dari Partai Buruh, Mary Clarkson. (ase)

Tim Basarnas mengevakuasi jenazah diduga etnis Rohingya di Perairan Aceh. (Dok. Basarnas Banda Aceh)

11 Warga Rohingya Meninggal di Perairan Barat Aceh, Menurut Laporan Imigrasi

Otoritas Kantor Imigrasi Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, mencatat sebanyak 11 orang etnis Rohingya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia karena diduga tenggelam.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024