AS dan Turki Saling Hentikan Pemberian Visa

Istanbul Turki
Sumber :
  • REUTERS/Umit Bektas

VIVA.co.id – Amerika Serikat dan Turki sama-sama menghentikan pemberian visa baik kepada warga AS maupun warga Turki. Ketegangan antara pemerintah kedua negara terjadi setelah adanya penahanan terhadap pegawai Konsulat AS di Istanbul, Turki yang dituding terlibat dengan gerakan yang dipelopori Fethullah Gulen.

Indonesia Setop Sementara Kebijakan Bebas Visa Bagi Warga China

Dilansir CNN Amerika Serikat, kebijakan baru ini ditengarai akan segera mengurangi drastis baik turis AS ke Turki dan sebaliknya. 

"Peristiwa yang belum lama terjadi telah membuat pemerintah AS meninjau ulang komitmen pemerintah Turki atas keamanan staf AS," kata otoritas AS di Ankara, Turki.

Arab Saudi Tawarkan Visa Turis, Apa Saja Destinasi Wisatanya?

Tak lama pihak Turki juga mengadakan konferensi pers yang pernyataannya kurang lebih sama dan mengatakan tak akan mengeluarkan visa nonimigran baik visa turis maupun visa kunjungan bagi warga AS karena AS tidak peduli dengan keamanan negaranya.

Turki mengatakan baik visa on arrival maupun e-visa tidak akan berlaku sementara untuk warga AS. CNN mencoba mengajukan aplikasi visa ke Turki dan kemudian langsung menerima respons kalimat berikut.

Arab Saudi Akhirnya Tawarkan Visa Turis Mancanegara

"Kebangsaan dan negara yang Anda pilih tidak memungkinkan untuk e-visa. Silakan hubungi perwakilan Turki terdekat."

Ilustrasi visa.

Indonesia Hentikan Sementara Visa Kunjungan dari China

Berlaku untuk warga yang tinggal atau kunjungi China dalam 14 hari.

img_title
VIVA.co.id
6 Februari 2020