AS Sangat Ingin Bunuh Kim Jong Un

Kim Jong Un
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Korea Utara mengklaim bahwa Amerika Serikat mencoba membunuh pemimpinnya, Kim Jong Un, awal tahun ini. Menurut media Korut, usaha pembunuhan tersebut dilakukan Badan Intelijen Amerika atau CIA dengan menggunakan racun dari bahan kimia.

5 Negara dengan Militer Aktif Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?

Kantor Berita KCNA, sebagaimana dilansir Independent, menyebutkan pada Mei tahun ini, sekelompok 'teroris' telah menyusup ke Korea Utara atas perintah CIA dan Dinas Intelijen Korea Selatan. Penyusupan itu dengan tujuan melakukan terorisme yang disponsori negara terhadap markas besar Korut dengan menggunakan bahan kimia.

"Ini jelas menunjukkan sifat sejati Amerika sebagai pelaku utama di balik terorisme," tulis kantor berita KCNA. CIA belum memberikan komentar terkait tuduhan ini.

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

Korut mengklaim bahwa mereka telah menggagalkan rencana Amerika Serikat dan Korea Selatan pada Mei lalu yang mencoba membunuh pemimpinnya. Saat itu, seorang pria mengaku bernama 'Kim', dibayar untuk melakukan serangan menggunakan zat kimia.

Namun demikian, Korea Utara memiliki catatan kerap membuat pernyataan kontroversi yang tak bisa diverifikasi kebenarannya. Sebelumnya, Korut mengklaim bahwa AS dan Korea Selatan telah menyusun sebuah rencana yang diberi nama 'Plan Jupiter', untuk membunuh Kim Jong Un. (hd)

PM Jepang Berencana Perbaiki Hubungan dan Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un
Ilustrasi bendera Korea Utara.

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

Korea Utara, salah satu negara yang paling terisolasi dan diperintah otoriter di dunia, dipimpin oleh keluarga Kim yang mempertahankan kekuasaannya dengan tangan besi ini

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024