Fakta Baru Pembunuhan Kim Jong-nam, 4 Warga Korut Terlibat

Siti Aisyah menjalani persidangan
Sumber :
  • REUTERS/Lai Seng Sin

VIVA.co.id – Proses hukum dalam kasus pembunuhan Kim Jong-nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un kini mengungkap fakta terbaru. Ada empat nama tersangka baru. Selain Siti Aisyah dan Doan Thi Huong, ada tersangka lainnya yang diduga mengoleskan racun VX ke wajah Jong Nam.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

Keempat tersangka diidentifikasi sebagai Mr Chang, Mr Y, James dan Hanamori. Dua terakhir dikenal dengan sebutan 'kakek' atau 'paman'. Empat orang dengan identitas itu diungkap petugas polisi Wan Azirul Nizam Che Wan Aziz di pengadilan.

Wan Azirul mengidentifikasi Mr Y sebagai orang yang terlibat dalam rekaman video yang diputar di pengadilan. Pria yang mengenakan topi dan ransel berwarna hitam itu terlihat di video berjalan ke bandara dengan seorang wanita mirip Huong.

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

"Berdasarkan investigasi saya, Y adalah orang yang memberikan cairan kimia kepada terdakwa kedua (Huong)," kata Wan Azirul.

Sementara itu, Chang terlihat bertemu dengan Siti Aisyah di sebuah restoran di ruang keberangkatan di lantai tiga di bandara tersebut terekam dalam sebuah video terpisah yang diputar di pengadilan. Hanamori bertindak memberikan instruksi kepada Mr Y. Sementara James semacam perekrut Siti Aisyah.

5 Negara dengan Militer Aktif Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?

Polisi tidak menjelaskan kewarganegaraan empat tersangka baru ini. Namun mereka disebutkan meninggalkan Kuala Lumpur menuju Pyongyang pada hari pembunuhan tersebut.  

Malaysia telah mengeluarkan sebuah red notice Interpol atas empat tersangka tersebut yang diidentifikasi sebagai orang Korea Utara bernama Ri Ji-hyon, Hong Song-hac, O Jong-gil dan Ri Jae-nam.

Ilustrasi agama di dunia

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Ateisme secara umum merujuk pada ketidakpercayaan terhadap keberadaan Tuhan, dan seseorang yang menganut pandangan ini disebut sebagai ateis. Di Indonesia, hal itu tabu

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024