13-10-1792: Peletakan Batu Pertama Gedung Putih

Gedung Putih dan pohon-pohon besar yang mengelilinginya.
Sumber :
  • REUTERS/Joshua Roberts

VIVA.co.id – Hari ini tepat pada tanggal 13 Oktober 1792 silam, dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Putih desain baru sebagai Istana Presiden Amerika Serikat yang berlokasi di Washington DC. Presiden John Adams menjadi Presiden AS pertama yang menempati gedung tersebut yang kemudian disebut dengan Gedung Putih karena dibangun dengan batu-batu putih bernuansa abu-abu asal Virginia dan kontras dengan bata-bata merah gedung yang berada di sekelilingnya.

5 Gempa Bumi Terbesar Dalam Sejarah Dunia, No 3 di Indonesia Paling Banyak Korban

Dilansir laman History.com, Washington akhirnya menggantikan Philadelphia sebagai Ibu Kota AS dengan pertimbangan letak geografis yang lebih strategis yang berada di pusat republik.

Arsitek Prancis, Charles L’Enfant menjadi arsitek perancang bagian luar dan pekarangan gedung yang sarat dengan desain melingkar, taman hijau dan avenue. Sementara fisik gedung mulai dikerjakan pada tahun 1792 dipimpin arsitek Irlandia-Amerika James Hoban yang banyak dipengaruhi arsitektur Leinster House di Dublin.

Dulu Tertindas, 5 Orang Biasa yang Mengubah Jalan Sejarah Dunia

Pada tanggal 1 November 1792, Presiden John Adams mulai dipersilakan memasuki rumah tinggal pertama, salah satu bagian yang dibangun di kompleks Gedung Putih. Istrinya, Abigail pada saat itu menuliskan kebahagiaan menempati rumah baru tersebut.

"Saya berdoa semoga rumah ini penuh berkat saat ini hingga seterusnya. Semoga hanya selalu orang bijak yang memimpin di bawah atap rumah ini," tulis Abigail.

Maskapai AS Desak Gedung Putih Cabut Aturan Tes COVID-19
Ilustrasi gempa bumi.

10 Gempa Bumi Paling Mengguncang dalam Sejarah Dunia, Salah Satunya Indonesia!

Tidak dipungkiri, fenomena gempa bumi memakan banyak korban jiwa. Seperti yang terjadi pada beberapa negara berikut ini, berhasil membuat ribuan orang melayang dibuatnya.

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2023