Austria Bersiap Miliki Pemimpin Termuda di Dunia

Sebastian Kurz, kandidat terkuat pemimpin Austria.
Sumber :
  • Sebastian Kurz, kandidat terkuat pemimpin Austria.

VIVA.co.id – Partai Rakyat Austria, sebuah partai yang dipimpin oleh Sebastian Kurz, seorang anak muda berusia 31 tahun diperkirakan akan memenangkan pemilu di negara tersebut. Jika partai itu menang, maka Kurz akan menjadi pemimpin negara paling muda di dunia.

Ketua BEM UI: Tidak Guna Pemimpin Muda Tapi Mengacaukan Konstitusi

Partai konservatif ini diperkirakan akan meraup suara lebih dari 31 persen. Untuk meraih suara dari mayoritas, partai Kurz bisa mencari aliansi dengan Partai Kebebasan yang memiliki kebijakan anti-imigrasi.

Saat berpidato di hadapan pendukungnya Kurz mengatakan, "Sudah saatnya terjadi perubahan di negara ini. Hari ini adalah tatanan yang kuat bagi kita, untuk mengubah negara ini, dan saya mengucapkan terima kasih kepada Anda semua yang telah membuat ini menjadi mungkin. Saya begitu berlimpah, saya bahagia, dan saya berharap bisa bekerja di Austria."

Putusan MK Dinilai Bukan Hanya Muluskan Gibran, tapi Buka Kesempatan Pemimpin Muda

Dikutip dari BBC, 16 Oktober 2017, sebelum mengikuti pemilu, Kurz adalah Menteri Luar Negeri. Ia menjadi Menteri Luar Negeri termuda di Eropa setelah mendapat amanah tersebut pada tahun 2013, di mana saat itu ia baru berusia 27 tahun.

Pada Mei 2017, ia didapuk menjadi pemimpin Partai Rakyat Austria. Ia memulai karier politiknya melalui sayap muda partai tersebut. Saat ini, "Wunderwuzzi," nama julukan untuk Kurz, kerap dibandingkan dengan pemimpin muda Prancis Emanuel Macron, dan pemimpin muda Kanada, Justin Trudeau.

Jumlah Pemimpin Muda dan Perempuan di BUMN Ditingkatkan, Begini Realisasinya

Seperti Macron, Kurz memulai gerakan politiknya dengan membuat gerakan di sekelilingnya, melakukan rebranding Partai Rakyat, yang telah berkuasa selama lebih dari 30 tahun. Ia selalu mengatakan, "Partai Rakyat yang Baru." (ase)

Emil Dardak, Wagub Jatim

Prabowo ke Emil Dardak: Banyak Pemimpin Muda Muncul, yang Penting Cinta Rakyat Indonesia

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berkelakar dengan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengenai kriteria pemimpin tidaklah selalu ditandai dengan umurnya, ujarnya

img_title
VIVA.co.id
23 Januari 2024