Macan Betina Divonis Mati oleh Hakim, Apa Salahnya?

Seekor harimau sedang beristirahat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA.co.id – Seekor harimau betina akhirnya dihukum mati pada Sabtu, 14 Oktober 2017, setelah pengadilan memerintahkan untuk membunuh hewan tersebut. Dia dinyatakan bersalah membunuh empat orang di bagian barat India, tepatnya di Maharashtra

Tiga Bayi Harimau Sumatera Lahir di Amerika Serikat, Susi Pudjiastuti: Regenerasi di Medan Mati 3

Dilansir BBC, harimau betina yang baru berusia 2 tahun itu dihukum mati dengan sengatan listrik. Petugas mengatakan bahwa mereka sempat mencari harimau ini dua tahun lamanya.

Pembela hak hewan menyayangkan keputusan hukuman mati terhadap harimau dengan menggunakan alat listrik. Mereka juga mengkritik Departemen Kehutanan yang dianggap gagal menyelamatkan macan tersebut.

Diduga Terkam 2 Warga di Langkat, Harimau yang Baru Dilepasliarkan Ditangkap Lagi

Aktivis hewan liar telah mengusulkan agar hukuman mati terhadap harimau itu dilakukan dengan tembak namun ditolak pengadilan.

Diketahui bahwa pertama kali harimau betina ini ditangkap pada Juli 2017 setelah membunuh dua orang dan melukai empat orang lainnya di Brahmapuri, Maharashtra. Namun kemudian dibebaskan di taman perlindungan Bor. Namun harimau kembali membunuh dua orang lainnya hingga akhirnya ditangkap.

20 Polisi Ikut Perburuan Harimau Sumatera yang Terkam Warga Lampung Barat

India diketahui menjadi negara wilayah habitat sekitar 60 persen harimau di dunia. Namun keberadaannya juga kini terancam perburuan liar yang mengincar bagian tubuhnya untuk perdagangan termasuk untuk obat China.

Angka kematian harimau juga disebutkan meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2015 saja disebut ada setidaknya 80 harimau yang mati dalam setahun. (ren)

Anoa 6 x 6

6 Kendaraan Tempur Buatan Indonesia yang Memiliki Spesifikasi Khusus dan Canggih

Pindad meluncurkan kendaraan taktis bernama Maung, yang sekarang telah mencapai generasi ketiga. Peluncuran Kendaraan tempur Maung yang ketiga ini diresmikan Presiden.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024