Paus Fransiskus Kritik AS Keluar dari Paris Accord

Paus Fransiskus
Sumber :
  • REUTERS/Alessandro Bianchi

VIVA.co.id – Pemimpin Gereja Katolik Roma, Paus Fransiskus mengkritik Amerika Serikat khususnya pemerintahan Presiden Donald Trump yang keluar dari perjanjian Paris mengenai perubahan iklim. Dia mengingatkan kesepakatan Paris atau Paris agreement itu penting untuk mengontrol dampak perubahan iklim.

Paus Fransiskus Akan ke Indonesia, Kemlu: Lagi Cari Tanggal

Dilansir Reuters, AS adalah satu-satunya dari 195 negara yang akhirnya menarik diri setelah menandatangani kesepakatan Paris. Dalam kesepakatan Paris Accord itu disebutkan langkah pengurangan emisi yang selama ini menjadi pendorong makin tingginya tingkat pemanasan global.

Presiden AS Donald Trump sebelumnya mengumumkan keputusan AS keluar dari Paris agreement setelah mengunjungi Paus Fransiskus. Padahal dia tahu Paus salah satu pendukung utama kesepakatan penanganan pemanasan global itu.

Paus Fransiskus Minta Serangan Israel di Gaza Dihentikan, Paus: Tolong, Cukup Sudah

"Kita bisa melihat dampak perubahan iklim setiap hari," kata Paus Fransiskus pada saat berbicara di kantor FAO yang berada di Roma, Italia.

"Bersyukur ada ilmu pengetahuan yang membuat kita bisa paham menangani masalah dan komunitas internasional juga harus bekerja bersama dengan metode legal sesuai dengan Paris Accord. Namun sayangnya ada yang mengabaikan," kata Paus lagi merujuk kepada AS.

Seminar Persaudaraan Manusia, Quraish Shihab Kenang Ucapan Paus Fransiskus

Sebelumnya melalui kesepakatan itu, AS sudah berkomitmen untuk mengurangi emisi dari 26 persen menjadi 28 persen. Tak hanya Paus Fransiskus, banyak pemimpin negara yang juga mengkritik Trump yang keluar dari Paris Accord.

Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus di Natal 2023

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

Pemerintah akan mengumumkan secara resmi rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024