Korut Minta Dunia Jangan Dukung Militer AS Jika Mau Aman

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, saat melakukan inspeksi.
Sumber :
  • KCNA/via REUTERS

VIVA.co.id – Korea Utara memperingatkan negara-negara di dunia khususnya para anggota PBB agar tidak bergabung atau berkoalisi dengan Amerika Serikat untuk melawan Korut. 

PM Jepang Berencana Perbaiki Hubungan dan Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

"Jangan bergabung dengan aksi militer AS melawan kami Asia. Maka kalian akan aman," demikian teks pidato pejabat Korea Utara sebagaimana dilansir Reuters, Senin 16 Oktober 2017.

Hal itu disampaikan dalam salinan pidato Wakil Duta Besar Korea Utara untuk PBB, Kim In-ryong, dalam forum mengenai senjata nuklir di Sidang Majelis Umum PBB. Namun khusus untuk kutipan yang bernada mengancam itu memang sengaja tidak dibacakan Kim dengan keras.

Korea Selatan Yakin Putri Remaja Kim Jong Un Akan Jadi Penerus sang Diktator

"Selama tidak ada yang mengambil bagian dengan militer AS melawan Korut, maka kami juga tidak akan punya niat untuk menyerang negara tersebut dengan senjata nuklir," kata Kim.

Ketegangan antara AS dan Korea Utara kembali terjadi setelah Korut kembali melakukan uji coba rudal dan senjata nuklir sekalipun sudah mendapatkan sanksi dari PBB. Eskalasi ketegangan juga meningkat di tengah saling ancam dan gertak baik oleh Presiden AS Donald Trump maupun pemimpin Korut Kim Jong-un. (ren)

Menlu AS Kunjungi Korea Selatan, Korea Utara Langsung Pamer Tembak Rudal Balistik ke Perbatasan
Kebersamaan Vladimir Putin dan Kim Jong Un

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengirim belasungkawa dan pesan simpati kepada sang sahabat, Presiden Rusia Vladimir Putin, atas pembantaian dan aksi terorisme yang

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024