Korut Peringatkan Lagi Australia Via Kedubesnya di Jakarta

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un meninjau program rudal balistik antarbenua.
Sumber :
  • REUTERS.com

VIVA – Korea Utara kembali mengirimkan surat kepada pemerintah Australia agar menjauhkan diri dari Amerika Serikat. Dokumen dan surat itu disebutkan pemerintah Australia dikirimkan via Kedubes Korut yang ada di Jakarta, Indonesia.

PM Jepang Berencana Perbaiki Hubungan dan Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Dikutip dari laman BBC, surat itu juga ditembuskan kepada Dewan Luar Negeri di Majelis Tinggi Pyongyang. Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull mengatakan< surat semacam itu juga sudah dikirimkan Korut ke negara-negara lain. 

Menurutnya, hal itu menunjukkan bahwa tekanan diplomatik Amerika Serikat dan negara-negara lain maupun PBB kepada Korut mulai membuahkan hasil.

Korea Selatan Yakin Putri Remaja Kim Jong Un Akan Jadi Penerus sang Diktator

Melalui surat itu, Korut meminta Australia tidak menjadi sekutu AS atau mendukung pemerintahan Trump menekan Korut. Namun Turnbull mengingatkan bahwa Korut selama ini jelas menunjukkan sikap mengancam antara lain melakukan enam kali uji coba nuklir dan menembakkan rudal dua kali hingga ke langit Jepang.

Dia menegaskan bahwa Korut adalah ancaman khususnya bagi Korsel, Jepang dan AS.

Menlu AS Kunjungi Korea Selatan, Korea Utara Langsung Pamer Tembak Rudal Balistik ke Perbatasan

Menlu Australia Julie Bishop mengatakan, tindakan Korut  tersebut adalah hal baru yang tak memiliki preseden. Sementara pada Sabtu lalu, Korut juga sempat mengingatkan Australia agar menjauhi AS jika ingin bebas dari bencana besar.
 

Kebersamaan Vladimir Putin dan Kim Jong Un

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengirim belasungkawa dan pesan simpati kepada sang sahabat, Presiden Rusia Vladimir Putin, atas pembantaian dan aksi terorisme yang

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024