27-10-1971: Pertempuran Tentara Kamboja dan Komunis Utara

Tengkorak para korban kekejaman Khmer Merah di Kamboja
Sumber :
  • REUTERS / Chor Sokunthea

VIVA – Pertempuran bagian dari perang terhadap Komunis di Kamboja terjadi antara tentara Kamboja dan pasukan Khmer Merah, Viet Cong dan "pejuang" Vietnam yang berada di bagian utara Phnom Penh pada hari ini, 27 Oktober 1971 silam.

Mobilnya Dihantam Taksi, Istri Pangeran Kamboja Tewas

Dilansir laman History.com, diketahui bahwa pada Maret 1970, sebuah kudeta yang dipimpin Jenderal Kamboja bernama Lon Nol menumbangkan pemerintahan Norodom Sihanouk di Phnom Penh. Lon Nol dan tentaranya dengan dukungan Amerika Serikat dan bantuan militer kemudian mulai berperang dengan Komunis Utara dalam hal ini Komunis di Kamboja dan pasukan Komunis Vietnam yang sering menjadikan Phnom Penh sebagai tempat perlindungan.

Viet Cong dan pasukan Komunis Vietnam Utara pada saat itu juga dianggap ancaman bagi Vietnam bagian selatan yang cenderung dikendalikan oleh AS.

Nasib Miris Sutradara Australia Dipenjarakan Kamboja

Pertempuran demi pertempuran pada tanggal 27 Oktober kebanyakan terjadi di wilayah Provinsi Kompong Thom dan Rumlong. Komunis juga melakukan perlawanan, apalagi setelah garnisun mereka menghancurkan jembatan di Rute 6 yang menjadi jalur penting bagi warga Kamboja.

Dalam pertempuran melawan tentara Komunis, sekitar 400 tentara pemerintah Kamboja pada saat itu, tewas. (ase)

Terkuak, Gojek Akan Beroperasi di Negara Ini pada Juli 2018
Kim Jong-un, saat mengawasi uji coba misil Korea Utara.

Vietnam Bakal Tutup Sebagian Jalan yang Akan Dilalui Kim Jong-un

Kim Jong-un akan tiba di Vietnam pada 25 Februari 2019. 

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2019