Mantan Manajer Kampanye Trump Didakwa 12 Tuduhan soal Rusia

Mantan Ketua Tim Manajer Kampanye Donald Trump, Paul Manafort.
Sumber :
  • Reuters/Jim Bourg

VIVA – Mantan manajer kampanye Trump, Paul Manafort, didakwa dengan 12 tuduhan dalam dugaan campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 2016. Pemilihan presiden itu dimenangkan oleh Donald Trump.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Paul Manafort menjadi orang pertama yang dikenai dakwaan dalam dugaan campur tangan Rusia ini. Kedua belas dakwaan itu diantaranya melakukan pencucian uang, juga gagal melaporkan kepemilikan rekening bank di luar negeri. Dakwaan yang sama juga dikenakan pada mitra bisnis Manafort bernama Rick Gates.

Diberitakan oleh BBC, 31 Oktober 2017, Manafort dan Gates dikenai dakwaan atas dasar hubungan mereka dengan sejumlah politikus pro-Rusia di Ukraina antara 2006 hingga 2015. Pihak berwenang sudah meminta agar Manafort menyerahkan diri. Ia datang ke kantor FBI pada Senin, 30 Oktober 2017, didampingi seorang pengacara.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Dugaan adanya campur tangan Rusia dalam kemenangan Trump sudah lama dicurigai. Pihak Trump selalu membantah tuduhan tersebut. Bantahan yang sama juga disampaikan Moskow. Beberapa kali Presiden AS Donald Trump mengatakan, tuduhan itu adalah sebuah kebohongan dan rekayasa.

Tapi penyelidikan atas dugaan keterkaitan antara Rusia dengan tim kampanye Trump terus dilakukan. Penyelidikan ini dipimpin oleh Robert Mueller, mantan veteran perang AS yang kini berkarier sebagai pengacara. Mueller juga sempat menjabat sebagai Direktur FBI pada 2001 hingga 2013.

Donald Trump Siap Luncurkan TRUTH Social, Platform Medsos Tandingan

Ia diangkat menjadi Direktur FBI pada masa pemerintahan George W. Bush, dan dilanjutkan pada masa pemerintahan Barrack Obama. Atas permintaan Obama, masa jabatan Mueller sebagai Direktur FBI lalu diperpanjang selama dua tahun. Mueller menjadi Direktur FBI terlama sepanjang sejarah FBI AS.

Mantan Presiden AS Donald Trump

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Mantan Presiden AS Donald Trump dan dua anaknya dipanggil pengadilan karena diduga memperoleh keringanan pajak dan pinjaman melalui penilaian aset yang curang

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022