470 Ribu Dokumen Tentang Osama Dirilis Pemerintah AS

Osama bin Laden
Sumber :
  • businessinsider.com

VIVA –  Dinas Intelijen Amerika Serikat atau CIA baru-baru ini merilis hampir 470 ribu file yang ditemukan saat menewaskan mantan pemimpin Al Qaeda, Osama Bin Laden pada tahun 2011 lalu. Materi baru tersebut berisi buku harian pribadi, dokumen, dan file audio dan video, termasuk klip yang menunjukkan anaknya Hamza di pesta pernikahan.

Terungkap Video Rahasia Keluarga Osama bin Laden

Ini adalah rilis keempat oleh CIA terkait materi yang ditemukan dalam serangan di tempat persembunyian Bin Laden di Abbottabad, Pakistan. Pihak CIA menyebutkan, bahwa beberapa materi telah ditahan lantaran bisa membahayakan keamanan nasional.

"Perilisan surat, video, file audio dan materi Al Qaeda bertujuan untuk memberi kesempatan bagi masyarakat Amerika, untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut mengenai rencana dan cara kerja organisasi teroris ini," kata Direktur CIA, Mike Pompeo, seperti dikutip BBC, Kamis, 2 November 2017.

11 September 2001: Amerika Diserang

Menurut pernyataan CIA, dokumen-dokumen tersebut memberi wawasan tentang asal usul yang ada saat ini antara ISIS dan Al Qaeda, serta perselisihan strategis, doktrin dan agama di dalam Al Qaeda dan sekutu-sekutunya.

Materi yang baru dirilis pada hari Rabu waktu setempat juga berisi upaya jaringan teror untuk mengeksploitasi pemberontakan Arab Spring dan upayanya untuk memperbaiki citra media.

Anak Osama Bin Laden Jadi Pemimpin Baru Al Qaeda

Sebuah komputer yang disita saat penggerebekan juga berisi file film Hollywood, kartun anak-anak dan juga tiga dokumenter tentang Bin Laden sendiri.

Di antara file video juga berisi rekaman pernikahan putra Bin Laden, yang menunjukkan Hamza Bin Laden sebagai seorang yang sudah dewasa. Hamza Bin Laden yang saat ini berusia 20-an, tak diketahui keberadaannya. (mus)

Tom dan Jerry

Terungkap, Osama Bin Laden Ternyata Penggemar Tom and Jerry

Ia juga penggemar film anime Kapten Tsubasa.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2017