China dan Korea Utara Kembali Saling Sapa

Presiden China Xi Jinping
Sumber :
  • REUTERS/Lintao Zhang/Pool

VIVA – Presiden China Xi Jinping telah mengirimkan pesan kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Ini menjadi komunikasi publik pertamanya dengan negara tetangga tersebut setelah selama lebih dari satu tahun vakum.

Dituding Berpihak, Luhut Beberkan Pengaruh China Bagi Ekonomi RI

Pesan tersebut mengisyaratkan kemungkinan perbaikan dalam hubungan mereka yang telah memburuk karena ambisi senjata nuklir Pyongyang. Meski Beijing adalah sekutu lama dan penyumbang ekonomi terbesar bagi Korut, namun hubungan dua negara sempat memburuk karena sikap Korut yang terus melakukan uji coba nuklir dan mengabaikan peringatan AS dan PBB.

Pesan Xi, dikirim sebagai tanggapan atas ucapan atas selamat dari Kim pekan lalu atas terpilihnya kembali Xi Jinping sebagai Ketua Partai Komunis China.

Kapal Mewah Kim Jong-Un Tertangkap Satelit di Sekitar Kota Wonsan

"Saya berharap bahwa di bawah situasi baru, China akan melakukan upaya dengan pihak Korea Utara untuk mempromosikan hubungan antara kedua belah pihak dan kedua negara yang berkelanjutan dan pembangunan yang stabil," kata Xi, seperti diberitakan Channel News Asia, Kamis, 2 November 2017.

Pengamat menilai bahwa pesan tersebut menjadi sesuatu yang langka di bawah pemimpin saat ini. Berbalas pesan secara tradisional kerap dilakukan oleh Beijing dan Korut di masa lalu.Kini setelah setahun tak berkomunikasi kedua negara kembali melakukannya.

Kim Jong-Un Dikabarkan Meninggal Dunia
VIVA Militer: Pesawat tempur China, Chendu J-20

Seandainya Militer China Perang Udara Lawan India, Siapa yang Menang?

Rusia yang bakal 'menang'.

img_title
VIVA.co.id
26 Juni 2020