Kelompok Houthi Sudah Tembakkan 78 Rudal ke Arab Saudi

kelompok pemberontak Houthi di Yaman
Sumber :
  • REUTERS

VIVA – Pemberontak Houthi di Yaman menembakkan rudal balistik pada Sabtu malam 4 November 2017 waktu setempat ke Riyadh, Arab Saudi. Pasukan pertahanan Saudi berhasil mencegat dan menembak jatuh rudal tersebut dan tidak ada korban jiwa.

Sepuluh Perempuan Saudi Pertama Akhirnya Dapat SIM

Mesin pemadam kebakaran dan kendaraan darurat melaju ke landasan pacu R33 di King Khaled International Airport setelah laporan tentang ledakan keras terdengar sekitar pukul 8.45 malam waktu setempat.

Pemberontak yang didukung oleh Iran itu mengakui serangan tersebut, dalam sebuah pernyataan di saluran televisi Al-Masirah yang dikelola oleh Houthi. Mereka mengatakan sengaja menargetkan bandara.

Masih Ada 20 WNI di Arab Saudi Terancam Hukuman Mati

Serangan rudal pemberontak Houthi itu bukan kali pertama menyerang Saudi. Sejak koalisi pimpinan Saudi mulai berjuang mengembalikan pemerintah yang sah di Yaman pada Maret 2015, tercatat sudah sebanyak 78 rudal diluncurkan pemberontak Houthi, termasuk satu yang ditujukan ke Mekah pada Juli lalu. 

Menurut laporan Arab News, Minggu, 5 November 2017, Kolonel Turki Al-Maliki, Juru Bicara Koalisi, mengatakan rudal tersebut berhasil dicegat sistem pertahanan Patriot. Beberapa puing jatuh di wilayah penduduk sebelah timur bandara.

Mendekati Mekah, 4 Jemaah Umrah Tewas Dihantam Truk Tanki

"Tindakan agresif oleh milisi Houthi membuktikan keterlibatan sebuah negara regional yang mensponsori terorisme, dalam menyediakan milisi bersenjata dengan kemampuan yang melanggar Resolusi PBB, yang mengancam keamanan Arab Saudi serta keamanan regional dan internasional," ujar Al-Maliki. (one)

Perempuan di Arab Saudi mengendarai mobil

Sah, Perempuan di Arab Saudi Boleh Nyetir Mobil di Jalanan

Larangan mengemudi bagi perempuan di Arab Saudi resmi dicabut.

img_title
VIVA.co.id
25 Juni 2018