8-11-1960: John F. Kennedy Jadi Presiden Termuda AS

Presiden AS, John F. Kennedy
Sumber :
  • REUTERS

VIVA – Pada 57 tahun lalu, John F.Kennedy terpilih sebagai Presiden termuda Amerika Serikat. Dia juga dicatat menjadi Presiden AS pertama yang beragama Katolik.

Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang

Menurut laman History.com, kampanye Pemilu pada saat Kennedy menjadi calon Presiden cukup sengit dan menegangkan publik pada masa itu. Kala itu pula pertama kalinya kandidat Presiden AS tampil berdebat di publik dengan disiarkan stasiun televisi.

Diyakini bahwa debat televisi ini yang menjadi kunci kemenangan Kennedy hingga dia bisa mencuri hati publik AS. Isu-isu yang diangkat dalam debat juga sangat dikuasainya hingga mampu mengalahkan Wakil Presiden saat itu, Richard Nixon.

Update Corona di Dunia: 10,1 Juta Orang Terpapar, 502.998 Meninggal

Padahal Nixon juga sempat melempar isu betapa muda dan tak berpengalamannya Kennedy. Terlebih pada saat itu, AS sedang dalam pergolakan Perang Dingin.

Nixon juga mengklaim keberhasilan dirinya dalam karier politik di partai Republik yang mampu menahan pengaruh Uni Soviet.

Amerika Serikat Batasi Visa bagi Pejabat China

Namun Kennedy bisa menangkal isu itu dengan menggambarkan betapa stagnannya kekuatan AS pada masa Presiden Dwight Eisenhower dan Wakil Presiden Richard Nixon, yang berasal dari Partai Republik. Dia juga menyalahkan pemerintahan AS, yang saat itu dipimpin kubu Republik, kehilangan pengaruh di Kuba. (ren)

Ilustrasi pistol.

Anak 8 Tahun Tewas Akibat Penembakan di Mal Alabama AS

Tiga orang lainnya terluka dalam penembakan tersebut.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2020