Sosok 'Osama bin Laden' Baru Muncul, Serukan Jihad Lawan AS

Osama bin Laden
Sumber :
  • businessinsider.com

VIVA – Putra Osama bin Laden bernama Hamza menyerukan kepada jihadis untuk membalas kematian ayahnya dengan serangan teror yang menargetkan Amerika Serikat.

Zulkarnaen Gembong Al-Qaeda dan JI Divonis 15 Tahun Penjara

"Saya mengundang umat Islam untuk membalas dendam pada orang Amerika, pembunuh Syekh (bin Laden) khususnya kepada mereka yang terlibat dalam kejahatan keji ini," katanya dalam sebuah rekaman audio yang dirilis oleh saluran propaganda Al Qaeda.

Kakak Hamza, Khalid diketahui terbunuh bersama ayahnya dan tiga orang lainnya pada saat penyerbuan Sea Team Six Amerika Serikat ke kompleks bin Laden di Pakistan pada tahun 2011. Operasi yang mengakhiri perburuan selama satu dekade terhadap pemimpin Al Qaeda itu dianggap sebagai pukulan besar bagi jihadis.

Burkina Faso Putus Jaringan Internet Demi Pertahanan Nasional

Diberitakan Independent, Jumat 10 November 2017, timbul kekhawatiran bahwa ekstremis akan menemukan sosok pemimpin baru pada diri Hamza. Apalagi ISIS terus kehilangan wilayah dan militannya di Suriah dan Irak.

Dalam pidatonya, bin Laden muda itu juga memuji ayahnya sebagai pahlawan umat Islam di seluruh dunia. Osama bin Laden kata dia telah menggerakkan semangat jihad bagi umat Islam.

BNPT Sebut Farid Okbah Koordinator JI untuk Al-Qaeda
Konvoi kendaraan AS terlihat setelah mundur dari Suriah utara di perbatasan Irak

Pasukan Koalisi Pimpinan AS Serang Milisi Al-Qaeda di Suriah

Penyerangan milisi Al-Qaeda pasukan AS disebut makan korban jiwa termasuk anak-anak dan perempuan. Namun Pentagon tak berikan info korban yang berjatuhan.

img_title
VIVA.co.id
3 Februari 2022