Gempa Mengguncang Perbatasan Irak-Iran, Puluhan Warga Tewas

Ilustrasi gempa bumi Iran
Sumber :
  • REUTERS

VIVA – Gempa berkekuatan 7,3 skala richter mengguncang wilayah perbatasan Irak-Iran pada Minggu tengah malam, 12 November 2017. Sekitar 61 orang dilaporkan tewas dan 300 lainnya luka-luka.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Dilansir ArabNews, Senin, 13 November 2017, gempa mengguncang Kota Halabja, Khanaqin, Darbandikhan, 75 km sebelah timur Provinsi Sulaimaniyah, Irak.

Jaringan Berita Republik Islam Iran mengutip Kepala Layanan Medis Darurat Iran, Pirhossein Koulivand, mengatakan setidaknya 61 orang telah terbunuh dan 300 lainnya terluka di sisi perbatasan Iran.

Top Trending: Arti Gempa Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa, Jayabaya Ramalkan Pulau Jawa Ini

TV pemerintah Iran juga mengatakan bahwa pejabat Irak melaporkan setidaknya enam orang tewas di Irak. Kemudian 50 orang dilaporkan terluka di provinsi Sulaimaniyah dan kota Khanaquin.

Menteri Kesehatan Kurdi Rekrem Hama Rasheed dilansir Reuters, mengatakan di sisi Irak, kerusakan paling luas terjadi di kota Darbandikhan. Lebih dari 30 orang terluka di kota tersebut.

Baru Terjadi, Ini Arti Gempa di Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa

"Situasinya sangat kritis," kata Rasheed kepada Reuters.

Rumah sakit utama di distrik itu rusak parah dan listrik terputus. Sehingga warga yang terluka dibawa ke Sulaimaniyah untuk perawatan.

Berdasarkan survei Geologi AS, pusat gempat berpusat 19 mil atau sekitar 31 kilometer di luar kota Halabja, Irak timur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya