Jokowi Bersuara Lantang soal Palestina di KTT ASEAN-PBB

Protes warga Palestina atas aksi penutupan masjid Al-Aqsa oleh Israel.
Sumber :
  • REUTERS / Ammar Awad

VIVA – Presiden Joko Widodo secara khusus meminta kepada Perserikatan Bangsa Bangsa atau PBB untuk lebih berkontribusi dalam mewujudkan impian rakyat Palestina untuk mendapatkan kemerdekaan penuh.

Menlu Arab Saudi Tegaskan Tak Ada Normalisasi Hubungan dengan Israel Tanpa Kemerdekaan Palestina

Presiden Jokowi menegaskan bahwa Indonesia akan terus membantu Palestina untuk mewujudkan kemerdekaan. Hal ini disampaikan dalam Konferensi Tingkat Tinggi ke-9 ASEAN-PBB pada Senin, 13 November 2017, di Manila, Filipina.

"Saya paham bahwa kemerdekaan penuh Palestina tidak mudah. Namun saya berharap di bawah kepemimpinan Yang Mulia, isu Palestina dapat mengalami kemajuan yang signifikan," kata Jokowi kepada Sekjen PBB.

PM Israel Benjamin Netanyahu Kembali Tolak Permintaan Genjatan Senjata

Selain itu, Indonesia juga mengajak seluruh anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) bersama dengan PBB memperkuat sinergi kerja sama yang telah terjalin selama ini.

"ASEAN dan PBB memiliki misi dan agenda yang sama. Sinergi kita harus terus diperkuat," ujar Presiden Jokowi sebagaimana dirilis Kemlu RI.

Cium Bendera Palestina, Prabowo Doakan Kemerdekaan Negeri Para Anbiya

Salah satu yang ditegaskan dalam kesempatan tersebut yaitu penguatan kemitraan untuk perdamaian dunia dalam konteks peningkatan kapasitas pasukan keamanan PBB.

"Sebagai salah satu kontributor terbesar dalam Peacekeeping Operations, Indonesia berharap agar birokrasi diperbaiki dan keterwakilan negara kontributor terbesar mendapatkan perhatian," lanjut Presiden.

VIVA Militer: Bendera Palestina di tengah puing bangunan kota Gaza

4 Negara Eropa Ini Bersumpah Siap Akui Palestina sebagai Negara Merdeka, Ini Alasannya

Pemimpin dari Spanyol, Irlandia, Slovenia, dan Malta telah mengumumkan kesiapan mereka untuk mengakui Negara Palestina sebagai langkah penting dalam mencapai perdamaian.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024