Jokowi Ungkap Alasan ASEAN Berharga di Mata AS

Presiden Jokowi di KTT ASEAN ++
Sumber :
  • Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo berharap agar kemitraan strategis antara Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dengan Amerika Serikat dapat memberikan kontribusi lebih besar bagi perdamaian dan kesejahteraan dunia.

Tantangan ASEAN di Usia ke-55 Tahun

Jokowi kemudian menyinggung kemitraan strategis antara ASEAN dan AS yang meliputi berbagai bidang seperti politik, keamanan, hingga perekonomian. Harapan ini disampaikan dalam Konferensi Tingkat Tinggi Peringatan 40 Tahun Kerja Sama Kemitraan ASEAN-AS di Manila, Filipina.

"Bagi ASEAN, Amerika merupakan mitra penting. Saya yakin Amerika juga memandang penting ASEAN, baik dengan alasan politik, keamanan, maupun dalam kaitan dengan kerja sama ekonomi," kata Jokowi, sebagaimana rilis yang disampaikan Sekretariat Presiden.

Myanmar Bebaskan Ratusan Tahanan Politik

Jokowi menilai, ASEAN memiliki kelebihan dibandingkan kawasan lain. Dengan penduduk sekitar 640 juta jiwa, kawasan yang cukup stabil dengan pertumbuhan ekonomi rata-rata di atas pertumbuhan ekonomi dunia, maka ASEAN dapat menjadi mitra strategis AS.

"Saya yakin Presiden Trump akan melihat kerja sama ekonomi dalam konteks yang lebih luas dengan hasil win-win cooperation," ungkapnya. (art)

Indonesia Mencalonkan Diri Jadi Anggota Komisi PBB untuk Narkotika
Menlu Indonesia Retno Marsudi (Tangkapan Layar dalam Kemkominfo TV)

Tantangan Indonesia Sebagai Ketua ASEAN 2023

Ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi Indonesia agar berhasil menjalankan perannya sebagai ketua ASEAN 2023.

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2023