06-12-1917: Ledakan Dahsyat Kapal Senjata Hancurkan Halifax

Pelabuhan Halifax rusak parah usai ledakan parah kapal senjata tahun 1917
Sumber :
  • LIBRARY AND ARCHIVES CANADA

VIVA – Pada tanggal 6 Desember 1917 terjadi ledakan dahsyat di pelabuhan Halifax di Provinsi Nova Scotia, Kanada. Ledakan besar itu meluluhlantakkan Halifax yang menghancurkan pelabuhan pada periode Perang Dunia I tersebut.

Kapal Pengangkut Elpiji Meledak, Hanguskan Rumah Warga

Dilansir History.com, kejadian bermula saat kapal yang mengangkut senjata militer milik Prancis bertabrakan dengan kapal lainnya dan tak lama terjadi ledakan besar. Kapal Mont Blanc tersebut meledak dan imbasnya api meluas ke mana-mana.

Diketahui bahwa pelabuhan Halifax dipenuhi dengan berbagai kapal militer termasuk kapal pengangkut senjata di kawasan Laut Atlantik. Ledakan pada pagi tersebut dipicu tabrakan kapal Mont Blanc dan kapal kecil milik Norwegia yang meninggalkan dermaga pada saat bersamaan.

Kapal Pengangkut Elpiji Meledak di Perairan Indragiri Hilir

Ledakan dahsyat itu termasuk ledakan terbesar akibat ledakan senjata dalam sejarah manusia yang makan korban dalam jumlah yang sangat banyak selain ledakan bom atom pada tahun 1945. Pada saat itu Halifax hancur luluh lantak.

Bagian utara Halifax habis terbakar. Korban tewas hingga 2.000 orang dan yang mengalami luka hingga kebutaan ada 9.000 orang. Insiden ini juga menyebabkan hingga 25 ribu orang kehilangan tempat tinggal dan segala harta miliknya. (art)

Kapal Pengangkut LPG Meledak, Enam Orang Terluka
Ilustrasi Gempa bumi di Pulau Vancouver Kanada

Pulau Tempat Tinggal Pangeran Harry di Kanada Diguncang Gempa

Gempa 4.5 SR itu terdeteksi di lepas pantai barat Vancouver

img_title
VIVA.co.id
26 Januari 2020