Download Our Application
A Group Member of VIVA
img-thumb

viva.co.id

  • Rabu, 6 Desember 2017 | 13:03 WIB
  • Kebun Binatang China 'Kerjai' Pengunjung

  • Oleh
    • Endah Lismartini
Penguin plastik di kebun binatang Yunin, China.
Photo :
  • BBC/NGZB
Penguin plastik di kebun binatang Yunin, China.

VIVA – Sejumlah pengunjung yang berharap bisa melihat hewan-hewan eksotis dari benua lain di sebuah kebun binatang di China kecewa berat. Setelah antre, mereka ternyata hanya menyaksikan balon-balon plastik di kandang yang tertulis "penguin".

Sebagai kebun binatang pertama di Yulin, Provinsi Guangxi, warga setempat sangat tertarik untuk menyaksikan hewan-hewan apa yang ditawarkan oleh kebun binatang tersebut. Apalagi, melalui iklan-iklannya, pengelola kebun binatang menawarkan pengunjung untuk melihat hewan langka dan belajar tentang kehidupan di alam liar.

Tapi pengunjung terpaksa menelan ludah karena kecewa. Mereka tak mendapatkan apa yang mereka harapkan. Di sebuah kandang bertuliskan "penguin", pengunjung hanya bisa melongo. Bukan penguin hidup yang mereka saksikan. Tapi beberapa penguin dari balon plastik yang bergerak-gerak tertiup angin.

Diberitakan oleh Shanghaiist, selain penguin palsu, hewan lain yang ada di dalam kebun binatang tersebut hanyalah beberapa ayam jantan, angsa, dan kura-kura yang ditempatkan  di dalam sebuah kotak kaca dengan sejumlah uang di sekitarnya.

Lihat juga

Pengunjung yang kecewa dan kesal lalu melampiaskan kemarahannya melalui media sosial Weibo. Mereka menyebarkan foto-foto dengan kalimat-kalimat bernada marah. Salah seorang pengunjung membubuhi tulisan di bawah fotonya dengan kalimat, "penghinaan terbesar pada IQ kita". 

Salah seorang warganet Weibo juga menulis, "Saya tak bisa berhenti tertawa. Ini jelas menipu konsumen. Jangan katakan bahwa manajemen sedang tidur. Ini membuat kecerdasan kita kesempatan bersenang-senang".

Ini bukan pertama kalinya kebun binatang di China mempermainkan pengunjungnya. Tahun 2013, sebuah kebun binatang di Henan mengklaim telah memiliki singa Afrika. Namun ternyata hewan yang disebut macan itu hanya seekor anjing tibetan mastiff.

 

Saksikan Juga
Terpopuler